Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Tumor Dan Kanker

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Tumor Dan Kanker

Perbedaan tumor dan kanker-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tumor dan kanker, merupakan dua istilah medis yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Tumor dan kanker merupakan kondisi medis yang saling terkait dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Meski sering dikaitkan satu sama lain, ada perbedaan Tumor dan kanker yang penting untuk Anda pahami.

Apa perbedaan tumor dan kanker serta bagaimana dua kondisi tersebut bisa saling terkait satu sama lain? 

Tumor merupakan pertumbuhan sel-sel yang tidak normal di dalam tubuh. Tumor bisa bersifat jinak atau ganas. Bila bersifat jinak, pertumbuhan tumor cenderung lebih lambat dan tidak menyebar ke jaringan lain di dalam tubuh. Namun, tumor jinak bisa menimbulkan masalah serius jika tumbuh pada organ vital, menekan saraf, atau menghambat aliran darah.

BACA JUGA:Deteksi Dini Tumor, Ini Gejala, Diagnosa dan Pengobatannya

Ada beberapa jenis tumor jinak yang paling umum terjadi, yaitu:

1. Adenoma atau polip: yaitu tumor jinak yang tumbuh pada lapisan pembungkus kelenjar dan organ dalam tubuh. Tumor jinak ini sering muncul pada usus besar atau organ hati.

2. Fibroma: merupakan tumor jinak yang tumbuh dari jaringan ikat. Fibroma paling sering ditemukan pada organ rahim (fibroid rahim).

3. Mioma: tumor jinak ini terbentuk dari sel otot atau dinding pembuluh darah. Salah satu contoh mioma yang paling sering terjadi adalah mioma uteri.

4. Lipoma: yaitu jenis tumor jinak yang paling sering ditemukan kasusnya. Lipoma terbentuk dari jaringan lemak di bawah kulit. Lipoma bisa timbul di seluruh bagian tubuh, namun lebih sering terjadi pada area leher, bahu, dan ketiak.

BACA JUGA:Kenali Ciri-ciri Penyakit Tumor dan Apa Penyebab Timbulnya Tumor

5. Hemangioma: merupakan benjolan kemerahan pada kulit yang terbentuk karena adanya pertumbuhan pembuluh darah yang berlebih.

6. Papiloma: tumor jinak ini muncul dari jaringan epitel pada kulit. Papiloma biasanya muncul karena infeksi HPV.

Sementara itu, tumor yang bersifat ganas cenderung berkembang dengan cepat dan bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Tumor ganas inilah yang biasa dikenal dengan istilah kanker.

Apa itu Kanker?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: