Pengapian Motor Tidak Menyala? Coba Lakukan Ini

Pengapian Motor Tidak Menyala? Coba Lakukan Ini

Pengecekan busi, salah satu cara untuk mengetahui mesin motor tidak mau menyala -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Dengan menggunakan cara tersebut, maka Anda tidak perlu mengecek secara langsung karena aki sudah pasti habis jika komponen aki mengalami kerusakan atau bermasalah.

3. Tidak Muncul Percikan Pada Busi

Busi adalah salah satu komponen motor yang bisa menjadi penyebab motor tidak ada pengapian. Hal ini karena busi berfungsi untuk mengubah tegangan listrik dari koil ke percikan api agar motor bisa menyala.

Untuk melakukan pengecekan pada bagian ini, Anda perlu membuka busi dari tempatnya. Setelah dicek, baru tempelkan kembali pada blok mesin.

BACA JUGA:Jaga Rangka Sepeda Motor Tak Korosi dan Patah, Ini Tipsnya

Namun jika Anda sudah memastikan bahwa tidak ada percikan pada bagian tersebut, maka Anda  bisa mengganti busi dengan yang baru. Tetapi jika ketika Anda mencoba busi masih mengeluarkan percikan api berwarna biru maka hal tersebut berarti busi masih bisa digunakan.

4. Kerusakan Pada Koil

Ketika motor Anda tiba-tiba mogok dalam perjalanan, Anda tidak perlu panik karena bisa jadi hal tersebut terjadi akibat rusaknya koil.

Koil juga merupakan salah satu komponen pada motor yang berfungsi membuat arus listrik. Koil menjalankan tugasnya dibantu oleh aki yang agar aliran listriknya menjadi lebih besar. Misalnya sebuah aki berukuran 12 volt, maka koil akan melipatgandakannya menjadi lebih besar.

Ketika arus listrik disalurkan ke busi, maka akan terciptalah percikan api yang digunakan untuk menghidupkan busi. Maka jika terdapat masalah atau kerusakan pada koil, saluran listrik akan berkurang dan menyebabkan busi tidak menyala.

Untuk itu, Anda perlu mengecek apakah kabel koil putus atau terdapat kerusakan pada sistem pengapiannya. Jika memang ada gejala kerusakan, sebaiknya segera diperbaiki atau diganti dengan komponen yang baru.

BACA JUGA: Teknisi Sepeda Motor Honda Indonesia Sabet Gelar Teknisi Terbaik Dunia

5. Sekring Yang Putus

Penyebab motor tidak ada pengapian yang lainnya ialah sekring yang putus.  Jika Anda ingin mengecek bagian ini, maka Anda bisa melakukan pengecekan pada busi. Jika busi masih menyala dan bekerja dengan baik, maka kondisi sekring masih aman.

Sekring adalah salah satu komponen kelistrikan yang ada pada sepeda motor yang berfungsi memutus arus listrik yang berlebih agar tidak terjadi kebakaran. Ukuran komponen ini memang kecil, namun kenyataannya komponen ini memiliki peran yang sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: