Semakin Kotor Semakin Stabil, Berikut 5 Tanda Warna Busi yang Bagus

Semakin Kotor Semakin Stabil, Berikut 5 Tanda Warna Busi yang Bagus

Tanda warna busi motor yang masih bagus -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Busi motor menjadi salah satu komponen terpenting pda motor. Tanpa disadari kita sering kali lupa melakukan perawatan pada Busi motor, hal inilah yang menyebabkan Busi motor tidak berfungsi dengan baik. 

Salah satu ciri busi motor yang sehat bisa terlihat dari warnanya. Lalu, bagaimana indikator warna busi yang bagus? Yuk, simak ulasannya pada halaman berikut ini. 

Busi (spark plug) merupakan alat yang berfungsi mengubah energi listrik pada koil pengapian, sehingga menimbulkan percikan api dari bahan bakar (bensin) pada mesin motor.

Proses pengapian inilah yang kemudian menghasilkan daya gerakan memungkinkan sepeda motor bergerak lalu melaju. Busi juga berkontribusi tetap menjaga kestabilan dan performa mesin jika motor sedang tidak digunakan.

Kinerja busi memang didasari oleh jangka penggunaan atau usianya. Namun, jika bermasalah di luar usia penggunaan, kamu juga bisa mengecek kesehatan sistem pembakaran mesin dari kondisi warna elektroda pada bagian kepala busi. Berikut ini tanda busi yang bagus. 

BACA JUGA:Penasaran Kita Punya Khodam atau Tidak, Ini Caranya

1. Busi Motor Berwarna Coklat atau Merah Bata

Kalau kamu lagi bongkar mesin dan warna busi motornya coklat muda atau merah bata di bagian elektrodanya (ujung yang seperti besi kecil), jangan khawatir! Ini warna busi motor yang normal/bagus.

Warna ini menunjukkan proses pembakaran di ruang mesin motor berjalan optimal dan efisien. Artinya, campuran bahan bakar dan udara terbakar dengan sempurna, membuat performa motor jadi mantap dan konsumsi bahan bakarnya irit.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Penyebab Aki Mobil Tekor, Nomor 7 Bisa Berbahaya

2. Busi Menghitam dan Tampak Kotor

Pernah nggak kamu cek busi motor dan warnanya hitam pekat? Nah, itu bisa jadi indikasi ada masalah pada mesin motormu. Warna busi motor yang hitam biasanya disebabkan oleh campuran bahan bakar dan udara yang tidak seimbang.

Akibatnya, pembakaran jadi nggak sempurna, membuat motor sulit dihidupkan, tenaga mesin loyo, dan boros bensin. Kalau kamu mengalami hal ini, jangan dibiarkan terlalu lama, ya. Segera konsultasi ke bengkel kepercayaanmu supaya mesin motormu bisa dicek dan diperbaiki.

3. Busi Warna Hitam dan Berlumuran Oli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: