Pengapian Motor Tidak Menyala? Coba Lakukan Ini

Pengapian Motor Tidak Menyala? Coba Lakukan Ini

Pengecekan busi, salah satu cara untuk mengetahui mesin motor tidak mau menyala -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pengguna kendaraan bermotor, biasanya pernah mengalami kondisi motor tidak ada pengapian? Jika hal ini terjadi, maka motor pasti tidak akan bisa berjalan karena pengapian sangat dibutuhkan untuk menghidupkan mesin motor.

Penyebab pengapian motor tidak menyala ini beragam, bisa karena masalah pada mesin motor, aki, bensin, busi maupun bagian motor lainnya. Masalah yang dihadapi juga sama beragamnya, mulai dari kendornya kabel, kesalahan pemasangan, sampai komponen yang mengalami kerusakan.

Untuk mencegah masalah pada sistem pengapian, maka Anda perlu tahu apa penyebab terjadinya semua ini. Selain itu, bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:Lindungi Motor dari Curanmor, Coba Lakukan Tips Ini

Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian

Kendaraan bermotor memiliki ruang bakar untuk mendorong adanya pergerakan pada motor untuk bisa melaju. Sehingga jika tidak ada pengapian pada bagian tersebut, otomatis motor tidak bisa berjalan.

Jadi apa saya penyebab motor yang tidak ada pengapian dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Kehabisan Bahan Bakar

Penyebab motor tidak ada pengapian yang pertama ialah ketika kendaraan kehabisan bahan bakar. Hal Sehingga hal inilah yang membuat pengapian tidak menyala dan motor tidak bisa berjalan.

Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya lakukan pengisian bensin setiap beberapa hari sekali agar tidak sampai kehabisan bensin secara tiba-tiba. Untuk itu, Anda perlu mengingat kapan terakhir kali mengisi bensin atau lakukan pemeriksaan sebelum berkendara.

BACA JUGA:Jangan Asal Modifikasi Motor, Perhatikan Dulu 7 Hal Ini

2. Kerusakan Pada Aki Motor

Masalah pengapian kendaraan yang tidak menyala dapat terjadi akibat kerusakan pada aki motor, terutama bagi Anda yang menggunakan motor injeksi.

Untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada aki motor, Anda tidak perlu bingung. Cukup cek indikator di bagian stang motor, maka Anda dapat segera mengetahuinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: