Pengapian Motor Tidak Menyala? Coba Lakukan Ini

Pengapian Motor Tidak Menyala? Coba Lakukan Ini

Pengecekan busi, salah satu cara untuk mengetahui mesin motor tidak mau menyala -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Apabila sekring pada motor putus, maka proses pengapian juga akan terhambat atau tidak akan pernah terjadi. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek secara berkala apakah sekring pada motor masih dapat bekerja dengan baik.

Cara mengecek sekring sebenarnya mudah, cukup gunakan sekring standar dan nyalakan kendaraan. 

Jika kendaraan bisa menyala dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa tidak ada masalah pada sekring. Namun jika ada kerusakan di dalamnya, maka kendaraan tidak akan bisa menyala dan komponen perlu diganti dengan yang baru.

 

6. Soket Rumah Kontak Yang Rusak

 

Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah kontak juga dapat menjadi penyebab motor tidak ada pengapian.

 

Cara mengeceknya ialah dengan melihat apakah kabel soket kendor, jika memang hanya kendor maka Anda bisa langsung mengencangkannya.

 

Jika soket rumah kontak masih bekerja, maka Anda bisa mengeceknya dengan tespen. Tekan tespen pada bagian soket yang memiliki arus listrik, jika tespen tidak menyala maka soket harus segera diganti.

 

7. Stop Engine Yang Rusak

 

Kebanyakan jenis sepeda motor sport sudah dilengkapi dengan komponen stop engine (ECO). Fungsi komponen ini ialah untuk mematikan fungsi kendaraan ketika selesai pemakaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: