Ini Dia Jenis Burung Murai Batu Paling Banyak Diminati Pecinta Kicau Mania

 Ini Dia Jenis Burung Murai Batu Paling Banyak Diminati Pecinta Kicau Mania

Murai Batu adalah burung yang sangat eksotis dan banyak digemari oleh para pecinta burung karena suaranya yang merdu. --

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Murai Batu adalah burung yang banyak digemari di kawasan Asia khususnya Indonesia. burung Murai Batu di Indonesia bahkan sering dijadikan sebagai ajang lomba kicau mania. Hal itu membuat harga burung Murai Batu cukup stabil dan cenderung mahal. Sebenarnya Murai Batu tak hanya berasal dari Indoensia.

BACA JUGA:Penyegaran, Pemkot Mutasi 25 Pejabat, Termasuk Camat Muarabangkahulu

Namun banyak juga dari Asia bagian selatan yang mencakup India, Nepal, Myanmar, dan Sri Lanka hingga Asia Tenggara mulai dari Thailand, Malaysia. Berikut adalah jenis-jenis Murai Batu berdasarkan asal dan habitatnya:

1. Murai Batu Nias

Berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Keunikan Murai Batu Nias adalah bulu ekornya yang hitam sehingga dijuluki Murai Batu ekor hitam. Sebenarnya Murai Batu ekor hitam juga terdapat di Mentawai Sumatera Barat, dan Aceh.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Amankan 104 Tersangka dan 191 BB Hasil Ops Musang Nala II

2. Murai Batu Lampung

Berasal dari hutan di provinsi Lampung dan sekitar Gunung Krakatau. Namun Murai Batu liar asal Lampung kini jarang ditemukan. Sebagai gantinya, Murai Batu dari Jambi dan Riau kerap dijual sebagai Murai Batu Lampung. Jenis Murai Batu dari Jambi dan Riau bertubuh ramping, dan ekornya tidak terlalu panjang. Volume suara kuat dan variasi kicau banyak, sehingga cocok dijadikan burung petarung.

3. Murai Batu Medan

Berasal dari Provinsi Sumatera Utara, mencakup hutan Bohorok dan Bukit Lawang. Burung ini juga mendiami Taman Nasional Gunung Leuser yang termasuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

BACA JUGA:Resmi Hadir di Indonesia, Realme C51 Dibanderol Harga mulai Rp 1,7 Jutaan, Ini Spesifikasinya

4. Murai Batu Banjar

Berasal dari wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Bagi penggemarnya, jenis Kalimantan disukai karena mempunyai kekhasan, yaitu apabila berbunyi akan menggelembungkan bulu dadanya.Saat saling kicau dengan burung lain, ia mengembangkan bulu dada sampai batas leher sehingga sepintas mirip katak bangkong. Teknik itu hanya dimiliki oleh Murai Kalimantan, sementara Murai daerah lain kesulitan menandingi gaya itu.

BACA JUGA:Infinix Luncurkan Laptop Tipis INBook X3 Slim, Harga Mulai 6 Jutaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: