Festival Tabut 2023 Ditutup, Rohidin - Rosjonsyah Canangkan Festival Tabut 2024 Lebih Meriah

Festival Tabut 2023 Ditutup,  Rohidin - Rosjonsyah Canangkan Festival Tabut 2024 Lebih Meriah

Penutupan Festival Tabut Bengkulu 2023 diwarnai pesta kembang api-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Festival Tabut Bengkulu tahun 2022 secara resmi telah berakhir pada Jumat malam (27/7/2023).

Festival yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara ini ditutup langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan dihadiri oleh sederet tamu undangan baik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif maupun dari Kementerian Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia serta seluruh tamu dari provinsi tetangga seperti Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Penutupan festival tabut Bengkulu ini juga menjadi malam puncak ritual tabut yang dilakukan oleh Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Bengkulu yaitu sesi tabut naik puncak atau tabut bersanding.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan, animo masyarakat dalam festival tabut Bengkulu 2023 sangat tinggi.

Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang hadir di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu untuk menyaksikan dam memeriahkan festival tahunan yang dimilik Provinsi Bengkulu setiap bulan Muharram ini.

BACA JUGA:Lima Anak Terlepas Dari Orang Tua dan Sempat Hilang di Festival Tabut Bengkulu

"Ini sangat luar biasa, animo masyarakat untuk menyaksikan perayaan Tabut dari tahun ke tahun semakin meningkat, ditambah suguhan atraksi penampilan juga semakin menarik dan berkualitas dalam event ini," ujar Rohidin saat memberikan sambutan.

Tak hanya itu, dalam kesempatan ini pula Rohidin mengucapkan terima kasih dan pamit undur diri, karena tahun ini merupakan tahun terakhir kepemimpinannya di Provinsi Bengkulu.

Ia juga menyampaikan, di akhir kepemimpinannya ini dirinya menginginkan adanya nuansa baru dalam festival tabut Bengkulu ini.

Seperti Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia yang pembukaannya bersamaan dengan penutupan festival tabut Bengkulu 2023.

"Tahun depan, tahun terakhir kepemimpinan saya dan pak Rosjonsyah atas ide Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri, minta dibuat festival tabut ini agar lebih meriah dan bersiap di setiap kabupaten kota, tabut ini akan kita lombakan antar kabupaten/kota se - Provinsi Bengkulu," imbuhnya.

Rohidin juga menyampaikan pada pihak Dirjen Kemenparekraf Republik Indonesia untuk kembali menjadikan festival tabut Bengkulu masuk Kharisma Event Nusantara pada tahun 2023.

Pasalnya, festival tabut Bengkulu menjadi salah satu pendongkrak perekonomian masyarakat Bengkulu.

"Minta tolong Bu Dirjen untuk sampaikan ke Kemenparekraf agar festival tabut Bengkulu masuk KEN 2024. Dimana keterlibatan para pelaku usaha IKM maupun UMKM juga semakin berkembang baik, dan promosi desa wisata terus gencar dilakukan guna mendongkrak perekonomian di desa," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: