Resmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Jokowi: Tol Bengkulu - Lubuk Linggau Dilanjutkan

Resmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Jokowi:  Tol Bengkulu - Lubuk Linggau Dilanjutkan

- Presiden RI Joko Widodo didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah resmikan Tol Bengkulu - Taba Penanjung-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tol Bengkulu - Taba Penanjung dengan ruas sepanjang 17,6 KM telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kamis (20/7/2023).

Peresmian Tol Bengkulu - Taba Penanjung ini ditandai dengan penabuhan alat musik Dol dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo. 

Disampaikan Presiden Jokowi, Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung akan menunjang mobilitas logistik, mobilitas orang, dan tentunya akan memunculkan titik – titik pertumbuhan ekonomi baru.

"Ini baru awal dan ini jalan tol pertama di kawasan Provinsi Bengkulu. Harapannya kita sambung sampai ke Lubuk Linggau sepanjang 90 KM," ujar Jokowi usai meresmikan tol Bengkulu - Taba Penanjung.

Ia menambahkan, pembangunan infrastruktur ini akan terus dilanjutkan.  Karena Proyek-Proyek Strategis Nasional (PSN) harus segera dituntaskan, salah satunya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang ada di Provinsi Bengkulu.

Lanjutan pembangunan tol Bengkulu - Lubuk Linggau garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) ini diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat Bengkulu, baik sektor ekonomi maupun sektor lainnya.

BACA JUGA:Kunjungi Festival Tabut, Presiden Jokowi Borong Dagangan Pedagang

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bakal Blusukan ke Pasar Minggu Bengkulu, Paspamres Mulai Sterilisasi Lokasi

"Kita harapkan tol Bengkulu ini dapat mentrigger ekonomi daerah. Karena mobilitas logistiknya lancar, kemudian inflasinya turun, harga-harga turun dan larinya kesana. Masyarakat bisa merasakan mobilitasnya semakin cepat dari sebelumnya," pungkas Jokowi.

Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung merupakan bagian dari feeder jaringan JTTS sepanjang ±98 km yang terbagi dalam 2 tahap.

Untuk tahap 1 Bengkulu – Taba Penanjung dengan total panjang 16,7 km dan telah beroperasi sejak akhir tahun 2022, dan tahap 2 Lubuk Linggau – Taba Penanjung (80 km) yang masuk dalam tahap IV pembangunan JTTS sesuai Perpres No. 131 Tahun 2022.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, mengungkapkan jalan tol ini memiliki kecepatan rencana sebesar 80 km/jam, sehingga masyarakat dapat menghemat waktu tempuhnya dalam perjalanan.

"Dari semula 1 jam menjadi kurang lebih kurang 15 menit dari Bengkulu ke Taba Penanjung," tutup Tjahyo.

Sementara itu, dalam kesempatan ini pula ibu negara Iriana Jokowi  bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah, dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, turut mendampingi presiden Jokowi dalam meresmikan tol Bengkulu tersebut, Walikota Bengkulu Helmi Hasan, dan sejumlah kepala daerah lainnya.(Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: