Speedtest Ungkap 10 Daerah di Indonesia Ini Memiliki Kecepatan Internet Tertinggi, Bukan Jakarta

Speedtest Ungkap 10 Daerah di Indonesia Ini Memiliki Kecepatan Internet Tertinggi, Bukan Jakarta

10 Daerah di Indonesia Ini Memiliki Kecepatan Internet Tertinggi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Berdasarkan data dari situs pemantau kecepatan internet Speedtest milik Ookla per April kemarin. Kota-kota dengan jaringan seluler paling kencang didaerah Indonesia terdeteksi ada di Jayapura, Papua. Sementara, jaringan tetap (fixed broadband) ter-ngebut ada di Badung, Bali.

Menurut Speedtest, Jayapura memiliki kecepatan unduh 41,17 Megabit per detik (Mbps), kecepatan unggah 17,42 Mbps, dan latensi (delay) 19 milidetik (ms).

Namun, masih nihil keterangan soal operator seluler mana saja yang tersedia lokasi pengukuran di Jayapura itu serta kecepatannya masing-masing.

Kondisi di Jayapura ini agak timpang dengan sejumlah fakta soal jaringan internet di sana.

Berdasarkan riset Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Pulau Papua jadi yang terendah dalam hal penetrasi internet dibanding pulau-pulau besar lainnya, yakni 63,15 persen dengan kontribusi nasional 1,63 persen.

Papua Pegunungan jadi provinsi dengan penetrasi internet terendah di RI, yakni cuma 42,57 persen. Sementara, Papua, yang beribu kota di Jayapura, jadi yang tertinggi di Pulau Cendrawasih dengan penetrasi 75,89 persen.

Sementara, wilayah dengan jaringan internet tetap terngebut adalah Abiansemal, Badung, Bali. Kecepatan download di sana mencapai 43,72 Mbps, kecepatan upload 37,98 Mbps, dan latensi 4 ms.

Provider internet tetap yang masuk di daerah ini adalah Biznet (26-84 Mbps) dan PT Telekomunikasi Indonesia (IndiHome) 11-38 Mbps.

Sebagai perbandingan kecepatan, wilayah yang punya citra mendunia dalam hal kecepatan internet, Singapura (29 dunia), memiliki kecepatan unduh seluler 71,69 Mbps, unggah 14,62 Mbps, dan latensi 17 ms.

Sementara, jaringan tetapnya menempati peringkat 1 dunia dengan kecepatan download 242,01 Mbps, kecepatan upload 203,74 Mbps, dan latensi 4 ms.

Berikut daftar lengkap 10 wilayah dengan kecepatan internet paling unggul versi data SpeedTest:

Internet seluler (mobile)

1. Jayapura, Papua: download (41,17 Mbps), upload (17,42 Mbps), latensi (19 ms)

2. Kuta Selatan, Badung, Bali: download (40,07 Mbps), upload (15,40 Mbps), latensi (33 ms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: