Sunnah-Sunnah di Hari Jumat Sesuai yang Diajarkan Rasulullah

Sunnah-Sunnah di Hari Jumat Sesuai yang Diajarkan Rasulullah

ilustrasi doa-istimewa-

"Dan apabila dibacakan khotbah, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat" (QS Al-A’raf: 204).

Rasulullah bersabda

"Barang siapa berbicara pada hari Jumat, sedangkan imam sedang berkhotbah, maka dia bagaikan Keledai yang sedang membawa kitab (orang yang bodoh). Sedangkan orang yang menyuruh diam kepada orang yang berbicara, ia tidak mendapatkan keutamaan Jumat seutuhnya". (HR Ahmad, Al Bazzar, dan At Tabrani)

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat: 5 Amalan Khusus di Hari Jumat Sesuai Anjuran Rasulullah

14. Bersedekah

Bersedekah di hari Jumat akan mendatangkan pahala yang lebih besar dibandingkan hari-hari lainnya. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk bersedekah di hari Jumat.

"Dan sedekah pada hari itu (Jumat) lebih mulia dibanding hari-hari selainnya ." (HR Ibnu Khuzaimah)

15.Salat Sunnah di Rumah

Sholat sunnah lebih utama dilaksanakan di rumah, begitu juga dengan sholat sunnah Badiyah Jumat akan lebih baik bila dilaksanakan di rumah.

Dari Abu Hurairah RA berkata, “Rasulullah SAW bersabda, "Jika kalian telah selesai menunaikan sholat Jumat maka sholatlah empat rakaat, jika engkau sedang terburu-buru dengan sesuatu maka sholatlah dua rakaat, sedangkan yang dua rakaat lagi ketika telah sampai di rumah". (HR Ahmad)

Itulah sunnah-sunnah hari jumat yang bisa kita lakukan untuk menambah tabungan pahala kita sebagai bekal di akherat kelak(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: