Sunnah-Sunnah di Hari Jumat Sesuai yang Diajarkan Rasulullah

Sunnah-Sunnah di Hari Jumat Sesuai yang Diajarkan Rasulullah

ilustrasi doa-istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam, karena banyak kebaikan yang terdapat di hari Jumat.

Banyak cara untuk bisa mendapatakan kebaikan Hari Jumat, mulai dari mengejarkan amalan-amalan wajib maupun amalan-amalan sunnah.

Ada banyak amalan-amalan sunnah yang bisa kita lakukan untuk meraih ganjaran pahala disisi Allah SWT. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah amalan-amalan sunnah di hari Jumat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

BACA JUGA:10 Keutamaan Hari Jumat Dalam Islam

1. Memperbanyak Sholawat.

Amalan sunnah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak sholawat kepada Rasulullah SAW.

Memperbanyak membaca sholawat sebenar bisa kita lakukan kapan saja. Namun, bila dilakukan dihari Jumat pahala yang akan kita raih akan berlipat ganda.

Rasulullah SAW bersabda:

"Perbanyaklah selawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena selawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak berselawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti". (HR Al-Baihaqi)

2. Membaca Al Quran

Selain akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, dengan membaca Al Qur'an di hari Jumat akan membuat kita lebih banyak mengetahui tentang Islam.

Keutamaan membaca Al Qur'an pada hari Jumat tersebut dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ja’far Shadiq:

"Malam dan hari Jumat itu memiliki hak, maka jangan menyia-nyiakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal saleh dan tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah telah melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan dan mengangkat derajat. Hari Jumat sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan salat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia".

BACA JUGA:Jangan Lupa Baca Doa ini Usai Sholat Jumat, Kata Ustadz Adi Hidayat Hutang Bisa Lunas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: