Sunnah-Sunnah di Hari Jumat Sesuai yang Diajarkan Rasulullah

Sunnah-Sunnah di Hari Jumat Sesuai yang Diajarkan Rasulullah

ilustrasi doa-istimewa-

3. Berdoa

Hari Jumat merupakan hari yang baik untuk berdoa kepada Allah SWT. Karena hari Jumat merupakan hari yang mustajab untuk berdoa.

Rasulullah SAW bersabda:

"Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri salat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya". (HR Bukhari)

Dengan keutamaan ini, maka bila kita ada hajat dan ingin dikabulkan Allah SWT maka harus banyak kita panjatkan di hari Jumat.

4. Memperbanyak Zikir.

Memperbanyak zikir merupakan salah satu amalan yang bisa kita lakukan di hari Jumat. Selain akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, dengan memperbanyak zikir juga akan lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

5. Mandi Besar

Mandi Junub atau mandi besar dianjurkan Rasulullah untuk dilaksanakan di hari Jumat

Anjuran ini tak hanya untuk pria saja, namun juga untuk wanita

Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang mandi hari Jumat, sikat gigi, memakai parfum, dan memakai pakaian paling bagus yang dimilikinya, pergi salat Jumat dan tidak melangkahi bahu orang, kemudian salat sunah dan mendengarkan khutbah sampai selesai, serta tidak berbicara, maka diampuni dosa antara Jumat itu dan Jumat sebelumnya". (HR Ahmad)

BACA JUGA:Ini 5 Amalan Khusus di Hari Jumat sesuai Anjuran Rasulullah Kata Ustadz Adi Hidayat

6. Memotong Kuku

Memotong kuku merupakan salah satu dari amalan sunnah pada hari Jumat. Memotong kuku merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: