Ini Dia Syarat dan Ketentuan Hewan Qurban yang Penting Diketahui!

Ini Dia Syarat dan Ketentuan Hewan Qurban yang Penting Diketahui!

Pemilihan hewan untuk berkurban perlu memenuhi syarat sesuai dengan tutunan syariat -Bengkulu Ekspress-Istimewa

Umur hewan

Terdapat batasan usia minimal yang harus dipenuhi oleh hewan qurban. Ini merupakan ketentuan untuk hewan qurban yang juga harus Anda perhatikan. Umur menjadi penanda bahwa hewan tersebut telah mencapai tahap kedewasaan dan memenuhi syarat sebagai hewan qurban yang layak.

BACA JUGA:Agar Semakin Giat Mencari Rezeki, Ini Dia Hadits Tentang Bekerja

Untuk hewan kurban seperti sapi, batas umur minimalnya adalah dua tahun. Sapi yang berusia dua tahun atau lebih telah mencapai perkembangan fisik yang cukup dan memiliki daging yang lebih baik dari segi kualitas.

Sedangkan untuk kambing atau domba, batas umur minimalnya adalah satu tahun. Pada umur satu tahun, kambing atau domba telah mencapai tahap dewasa awal dan memiliki ukuran yang cukup untuk dikurbankan. Pada umur tersebut, daging kambing atau domba juga memiliki kualitas yang baik dan cocok untuk Anda konsumsi.

Pemilihan hewan

Pemilihan hewan qurban sebaiknya dilakukan dengan seksama. Hewan yang akan dikurbankan sebaiknya merupakan jenis yang sudah biasa dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Sehingga daging qurban dapat diolah dan dinikmati oleh masyarakat tersebut.

Lebih lanjut lagi, hewan yang akan menjadi kurban tak boleh berasal dari hasil curian. Juga tidak boleh jika hewan tersebut masih milik orang lain (hewan gadai) serta hewan warisan.

Penyembelihan hewan

Pemotongan hewan qurban sebaiknya oleh orang yang berkompeten dan harus dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan syariat Islam. Seperti juru sembelih atau petugas dari lembaga resmi yang memang memiliki sertifikasi untuk melakukan pemotongan hewan.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Lowongan Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Ini artinya, penyembelihan hewan harus memakai peralatan yang tajam dan cepat di leher. Tujuannya untuk memastikan bahwa proses penyembelihan tersebut menyebabkan kematian instan tanpa rasa sakit yang berkepanjangan bagi hewan.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa penyembelihan dilakukan dengan penuh belas kasihan terhadap makhluk hidup.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: