Agar Semakin Giat Mencari Rezeki, Ini Dia Hadits Tentang Bekerja

Agar Semakin Giat Mencari Rezeki, Ini Dia Hadits Tentang Bekerja

Rasulullah SAW mewajibkan umat Islam untuk bekerja dan berusaha-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM  -Rezeki memang sudah diatur oleh Allah swt sejak masih dalam kandungan. Lalu, mengapa manusia masih harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari?

Ahmad Sudirman Abbas dalam bukunya yang berjudul Mukjizat Doa & Air Mata Ibu, menuliskan beberapa hadits tentang bekerja. Rasulullah SAW mewajibkan umat Islam untuk bekerja dan berusaha, bahkan kegiatan mencari nafkah ini setara dengan berjihad.

Berikut beberapa hadits Rasulullah SAW tentang bekerja:

1. Allah SWT memberikan rezeki kepada orang yang tawakal

Dari Umar Radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Kalau kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, maka niscaya Allah akan memberikan kalian rezeki sebagaimana Allah memberi rezeki kepada burung; ia pergi pagi hari dalam keadaan perutnya kosong, lalu pulang pada sore hari dalam keadaan kenyang". [HR Tirmidzi, no. 2344; Ahmad (I/30); Ibnu Majah, no. 4164]

BACA JUGA:4 Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Siap Raih Podium Tertinggi di Asia Road Racing Championship 2023

2. Rezeki terbaik dari usaha sendiri

"Tidak ada seseorang yang memakan satu makanan pun yang lebih baik dari makanan hasil usaha tangannya (bekerja) sendiri. Dan sesungguhnya Nabi Allah Daud as. memakan makanan dari hasil usahanya sendiri." (HR. Bukhari)

3. Bekerja keras dapat menghapus dosa

"Barangsiapa yang di waktu sore merasa capek (lelah) lantaran pekerjaan kedua tangannya (mencari nafkah) maka di saat itu diampuni dosa baginya." (HR. Thabrani).

4. Laki-laki wajib bekerja untuk keluarganya

"Tidak ada yang lebih baik dari usaha seorang laki-laki kecuali dari hasil tangannya (bekerja) sendiri. Dan apa saja yang dinafkahkan oleh seorang laki-laki kepada diri, istri, anak dan pembantunya adalah sedekah." (HR. Ibnu Majah)

BACA JUGA:Doa dan Zikir Pembuka Rezeki di Pagi Hari

5. Bekerja menjaga kehormatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: