Jangan Panik! Begini Cara Benar Pakai Jalur Darurat Rem Blong di Jalan Tol

Jangan Panik! Begini Cara Benar Pakai Jalur Darurat Rem Blong di Jalan Tol

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perjalanan mudik lebaran 2023 sudah mulai dilakukan oleh masyarakat yang ingin pulang  ke kampung halaman. Jalan tol menjadi jalur primadona pemilik kendaraan untuk menuju lokasi tujuan. Namun saat dalam perjalanan, terkadang ada beberapa kendala yang terjadi dan perlu antisipasi yang baik dan benar dari pengemudi kendaraan.

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah rem blong. Kondisi ini sering kali menimbulkan kecelakaan tol pada kendaraan dan menyebabkan korban luka-luka atau bahkan hingga meninggal. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi rem blong bila hal tersebut terjadi pada dirimu, terutama di jalan tol? Sebelumnya, kenali lebih dahulu bagaimana ciri-ciri rem blong pada kendaraan yuk!

Kenali apa itu rem blong

Rem blong diartikan sebagai disfungsi rem yang menyebabkan sistem pengereman tidak bekerja baik, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Berikut beberapa ciri yang mudah dikenali sebagai penanda kondisi tersebut.

1. Bunyi mendengung saat menginjak pedal rem.

2. Jarak efektif pengereman yang lebih jauh daripada biasanya.

3. Pedal rem terasa lebih lunak dan harus ditekan lebih dalam.

4. Akan terlihat debu rem yang berlebihan pada roda depan atau belakang mobil.

5. Oli rem yang turun di reservoir yang menunjukkan bahwa kampas rem sudah tipis.

Umumnya rem blong dialami kendaraan saat melewati turunan yang panjang sering terjadi pada truk dan bus, terutama yang kelebihan muatan (ODOL). Untuk mengantisipasi kejadian ini, setiap ruas jalan tol dengan lajur turunan yang panjang akan menyiapkan Emergency Safety Area atau jalur penyelamat darurat. 

Seperti contoh Jalur Tol Trans Jawa dan Jalur Pantura, sepanjang Jakarta hingga Surabaya dan sebaliknya cukup banyak jalur penyelamat seperti itu.

Apa itu jalur darurat?

Pernahkah kamu melihat ruas jalan di sisi kiri jalan tol berupa tanjakan yang panjangnya hanya sekitar beberapa puluh meter? Tanjakan ini biasanya terdapat pada jalan tol dengan kondisi jalan menurun panjang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: