Inilah Kebiasaan Rasulullah saat Lebaran Idul Fitri Menurut Ustadz Adi Hidayat

Inilah Kebiasaan Rasulullah saat Lebaran Idul Fitri Menurut Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

Kemudian Ustadz Adi Hidayat menjelaskan sunnah keempat dalam melaksanakan Hari Raya Idul Fitri yang tercantum dalam hadits At Tirmidzi nomor 533. ‘Haditsnya riwayat Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ta’ala anhu, kata sahabat Ali, disunnahkan ke tempat sholat disunnahkan berjalan kaki,” ujar Ustadz Adi Hidayat.

Namun Adi Hidayat tak meminta langsung disimpulkan sunnah tersebut. Hal ini karena zaman Nabi dan sekarang berbeda. “Sunnah ini bisa dilakukan jika tempat shalat itu bisa dijangkau dengan berjalan kaki,” ujar Ustadz Adi Hidayat.

Lantas bagaimanakah ukuran terjangkau yang dimaksud?

“Artinya ketika sampai di tempat tujuan itu secara wajar. Datang ke tempat tanpa merasakan kesulitan, tidak terlampau penat dan lelah dan dalam keadaan itu bisa menunaikan shalat dengan tenang,” jelas Ustadz Adi Hidayat.  

Namun jika dengan berjalan kaki Anda bisa ketinggalan shalat atau kesulitan dalam menjangkaunya hingga kemudian membuat shalat tidak khusyuk maka boleh dijangkau dengan kendaraan. 

Sunnah Mengambil Jalan Beda Saat Pulang dari Masjid 

“Kedua dianjurkan untuk mengambil jalan lain saat pulang. Jadi masuk lewat jalan satu kembali lewat jalan yang kedua,” jelas Ustadz Adi Hidayat. 

Kebiasaan Rasulullah mengenai hal tersebut tertera dalam beberapa hadits. Salah satunya hadits dari Ibnu Umar radhiyallahu ta’ala anhuma terdapat di Al Hakim al-mustadrak nomor hadits 1.106.  “Saya bacakan nah ini punya Umar radhiyallahu ta’ala an humazin musala selanjutnya dikuatkan Abu Hurairah di riwayat Ahmad nomor hadis 8.435,” kata Ustaz Adi Hidayat. 

“Kata sahabat Abu Hurairah adalah kebiasaan Nabi SAW, kalau berangkat ke tempat shalat, maka pulangnya itu berputar lewat jalan yang lain,” kata Ustadz Adi Hidayat. Manfaat dari berjalan sambil bertakbir, kata Ustadz Adi Hidayat jika berjalan bersama

“Saat keluar kata Nabi keluarlah dengan semarak takbir, Allahu Akbar dan itu termasuk syiar,” tandas Ustadz Adi Hidayat. 

BACA JUGA:Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran, Cek Kondisi Lalu Lintas dengan 5 Aplikasi Ini

BACA JUGA:Sedekah Dulu atau Bayar Utang? Begini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

Dengan menjalankan sunnah saat Idul Fitri ini, diharapkan menjadi kebiasaan di 11 bulan berikutnya. Salah satunya yakni dengan selalu mengenakan pakaian terbaik ketika menghadap Allah SWT.

"Refleksi Idul Fitri, ketika Anda gunakan pakaian terbaik itu hanyalah langkah awal, namun jika setelahnya itu kembali ke fitrah semula, misal memakai pakaian yang jelek lagi artinya idul fitrinya tak berhasil,” jelas Ustadz Adi Hidayat.

“Ingat, sungguh hakikat idul fitri bukan yang gunakan pakaian bagus tapi yang takwanya bertambah di hadapan Allah SWT,” tambah Ustaz Adi Hidayat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: