Inilah Kebiasaan Rasulullah saat Lebaran Idul Fitri Menurut Ustadz Adi Hidayat

Inilah Kebiasaan Rasulullah saat Lebaran Idul Fitri Menurut Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Idul Fitri hanya menghitung hari. Kepastiannya masih harus menunggu sidang isbat yang dilakukan pemerintah pada 20 April 2023 mendatang. Bila hilal nampak, maka lantunan takbir akan menggema di seluruh pelosok negeri petang itu juga. Namun kalau ternyata hilal gagal terlihat, maka lebaran akan berlangsung Sabtu 22 April 2023.

Lantas, bagaimana Rasulullah SAW merayakan lebaran idul fitri yang jatuh pada 1 Syawal itu? Apa saja yang dilakukan Nabi Muhammad di hari kemenangan umat Islam tersebut?

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa saat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri ada beberapa kebiasaan Rasulullah SAW yang ditekankan untuk dilakukan oleh setiap muslim. 

Hal ini karena menurut Ustadz Adi Hidayat, kebiasaan Rasulullah SAW saat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri dijelaskan langsung oleh cucu Nabi Al Hasan bin Ali ya radhiyallahu ta'ala anhuma.

Nabi Muhammmad SAW langsung memerintahkah kepada cucunya Hasan. Oleh karenanya, jika keluarga nabi saja ditekankan untuk melakukannya maka umat Nabi Muhammad SAW haruslah melakukannya.

“Kata Al Hasan, Rasulullah SAW, Datuk kami memerintahkan kepada kami, lihat bahasanya memerintahkan pada kami, memang ini sunah tapi sunnah ketika dibuka dengan kalimat perintah ini menunjukkan sifatnya muakkadah sangat ditekankan,” ujar Ustadz Adi Hidayat sebagaimana dikutip dari Kanal YouTube Adi Hidayat Official pada Senin (17/4/2023).

BACA JUGA:Tata Cara dan Panduan Lengkap Menunaikan Zakat Fitrah Menurut Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Begini Cara NU Tentukan Lebaran Idul Fitri 2023

Sunnah Menggunakan Pakaian Terbaik saat Hari Raya “Kami diperintahkan setiap tiba dua hari raya maksudnya Idul Fitri dan Idul Adha, pertama untuk mengenakan mencari pakaian terbaik yang kami dapati, nah ini sunnah pertama,” jelas Ustadz Adi Hidayat. Maka sebagai umat Nabi dan jika kita cinta pada Rasulullah SAW seharusnya lebih maksimal harus menjalaninya. 

“Maka ayo silahkan buka koleksi pakaiannya, cari yang paling bagus yang setidaknya sesuai dan layak digunakan untuk menunaikan sholatnya,” kata Ustaz Adi Hidayat. 

Namun Ustadz Adi Hidayat mengingatkan bahwa pakaian yang dimaksud tidaklah harus baru dan mewah. Namun terbaik dan layak untuk digunakan saat Shalat Idul Fitri.

“Masya Allah kapan lagi pakai baju bagus langsung ada pahalanya, unik kan.. Anda belum sholat sudah punya pahala karena mengenakan pakaian terbaik, ” tandas Ustadz Adi Hidayat. 

Sunnah Menggunakan Wewangian bagi Laki-laki 

Kemudian sunnah yang ditekankan oleh Nabi kepada keluarganya adalah memakai wewangian. “Yang kedua untuk laki-laki khususnya, kenakan wewangian terbaik,” kata Ustadz Adi Hidayat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: