Inilah Kebiasaan Rasulullah saat Lebaran Idul Fitri Menurut Ustadz Adi Hidayat

Inilah Kebiasaan Rasulullah saat Lebaran Idul Fitri Menurut Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

“Namun diingat ya kalimat pewangiannya menggunakan kalimat Toyib, yang thoyyib itu sesuatu yang nyaman dirasakan jadi ciumnya enak dipakai juga enak. Jangan sampai Anda enak sendiri tapi orang lain tidak nyaman menciumnya,” tambah Ustadz Adi Hidayat. 

Ustadz Adi Hidayat kemudian menyarankan agar wewangian itu dibawa ke masjid dan kemudian dibagikan kepada jamaah Idul Fitri. Hal, agar semakin banyak yang menjalankan sunnah Rasulullah ini. 

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Berikan Rahasia Doa Cepat Dikabulkan

BACA JUGA:Setelah Lebaran Idul Fitri 2023 Berlaku? Mobil Jenis ini Dibatasi Beli Pertalite, Cek Daftarnya

Sunnah Makan Dahulu Sebelum Jalan ke Masjid 

“Kemudian dalam hadits riwayat ahmad no 22.984, riwayat dari sahabat Buraidah RA, dikatakan bahwa Rasulullah beliau tidak pernah berangkat untuk mengerjakan idul Fitri kecuali sebelumnya makan dulu,” jelas Ustaz Adi Hidayat. 

Hal ini berbanding terbalik dengan kebiasaan Rasulullah saat Hari Raya Idul Adha.

“Saat Idul Fitri, makan dulu baru jalan sholat, namun saat Idul Adha beliau berangkat tidak makan dulu, setelah pulang baru makan,” kata Ustadz Adi Hidayat. 

Maka saat Idul Fitri esok, hal ini sangat ditekankan untuk dilakukan sebelum berangkat ke masjid. Hal ini karena makanan pertama setelah puasa itu mengandung pahala. 

“Saat Anda makan itu bukan sekedar ada nilai pahalanya tapi sekaligus memberikan pesan bahwa puasa sudah berakhir sekarang boleh makan lagi,” kata Ustadz Adi Hidayat. 

“Saat Ramadhan nahan makan pertama kali itu ada pahalanya, saat Syawal makan pertama kali sebelum berangkat sholat itu ada pahalanya,” tambah Ustadz Adi Hidayat.

Namun makan sebelum sholat tidak boleh yang berat. Setidaknya makan yang cepat habis agar dapat lekas pergi ke masjid untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri. 

BACA JUGA:Begini Cara Arab Saudi Tetapkan Idul Fitri, Apa Sama dengan Muhammadiyah?

BACA JUGA:Lebaran Disambut Gerhana Matahari Hibrida, Begini Hikmahnya Kata Ustadz Adi Hidayat

Sunnah Jalan Kaki ke Masjid 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: