Aplikasi Ini Wajib Diunduh Pemilik Kendaraan untuk Perjalanan Mudik Lebaran 2023

Aplikasi Ini Wajib Diunduh Pemilik Kendaraan untuk Perjalanan Mudik Lebaran 2023

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bulan Ramadhan akan berakhir tidak lagi, itu tandanya libur Lebaran Idul Fitri 2023 juga sudah dekat. Salah satu tradisi yang tak bisa ditinggalkan menjelang Hari Raya Idul Fitri adalah mudik alias pulang ke kampung halaman dan bertemu keluarga besar.

Mudik Lebaran 2023 ini diperkirakan akan lebih ramai dari beberapa tahun belakangan, pasalnya selain karena efek pandemi Covid-19 yang sudah berangsur-angsur membaik, juga karena pemerintah resmi mengubah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sebelumnya cuti Lebaran 2023 ditetapkan pada tanggal 21, 24, 25, dan 26 April, kemudian diubah menjadi tanggal 20, 21, 24 dan 25 April sekaligus menambah satu hari cuti bersama pada 19 April.

Perubahan dan penambahan hari cuti bersama Lebaran kali ini dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas, mengingat terdapat potensi pergerakan nasional atau mobilitas masyarakat untuk mudik sebesar 45,8 persen dari jumlah penduduk Indonesia (sebanyak 123,8 juta orang).

BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Bau Apek Mobil Saat Mudik 2023!

BACA JUGA:SIMAK! Aturan Mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak-Bakauheni

Nah, dengan bayangan kepadatan mudik Lebaran 2023 tersebut, ada baiknya untuk mempersiapkan segala hal sedini mungkin agar perjalanan mudik lancar sampai tujuan.

Tidak hanya sekedar persiapan secara fisik, barang-barang yang harus dibawa, maupun pemeriksaan kesehatan kendaraan, yang tidak kalah penting adalah memiliki aplikasi mobile pendukung untuk menemani perjalanan mudik.

Berikut ini kami rangkum aplikasi yang wajib diunduh untuk persiapan mudik Lebaran 2023. Apa saja aplikasinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Google Maps

Satu kata untuk aplikasi Google Maps adalah wajib. Ya, aplikasi besutan Google yang terkenal akan kemampuan navigasi dan pemetaannya yang dapat mengarahkan dalam menemukan jalur terbaik selama perjalanan mudik ini menjadi salah satu aplikasi yang wajib diunduh di perangkat kalian. Fitur-fitur Google Maps sudah cukup lengkap dengan menyediakan informasi terkait situasi lalu lintas dan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan, serta informasi mengenai tempat-tempat istirahat, restoran, pengisian bahan bakar, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Perhatikan! E-Tilang Tetap Berlaku Selama Mudik Lebaran 2023

BACA JUGA:Tips PLN Amankan Listrik Rumah Agar Mudik Tenang dan Nyaman

2. Waze

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: