Top 5 Wanita Terkaya di Indonesia Versi Forbes, Ada yang Berharta Rp 72 Triliun

Top 5 Wanita Terkaya di Indonesia Versi Forbes, Ada yang Berharta Rp 72 Triliun

Deretan Waniya Terkaya di Indonesia-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dewi Kam (72 tahun), perempuan usia lansia pebisnis batu bara mendadak muncul sebagai wanita terkaya di Indonesia versi Forbes. Harta kekayaan, tahun 2023 ini terus melejit.

Berdasarkan laporan dari Forbes Real Time Billionaire, Selasa (11/4/2023), saat ini harta kekayaan Dewi Kam ditaksir senilai US$ 4,8 miliar atau setara dengan Rp 72 triliun (kurs Rp 15.000/dolar AS).

Nilai kekayaan tersebut membuat Dewi Kam melesat ke urutan ke-8 orang paling tajir di Indonesia, tepat di bawah taipan pemilik CT Corp, Chairul Tanjung, yang kini berada di urutan ke-7. Serta berada satu tingkat di atas pemilik Alfamart, Djoko Susanto.

Padahal hingga 2022 lalu, wanita berusia 72 tahun ini masih berada di peringkat ke-21 dalam daftar 50 konglomerat Indonesia versi Forbes. Kala itu, hartanya senilai US$ 2 miliar atau setara Rp 30 triliun.

Artinya dalam 4 bulan terakhir, harta kekayaan Dewi Kam melesat naik hingga lebih dari 2x lipat. Berkat itu, saat ini ia merupakan satu-satunya wanita yang berhasil masuk dalam jajaran 10 orang paling kaya di RI.

Menariknya, dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia per 2022 ini, ada lima orang perempuan yang masuk di dalamnya. Rata-rata usia crazy rich wanita ini berkisar antara 50-70 tahun.

Sumber kekayaan para wanita paling tajir se-Indonesia rata-rata berasal dari batu bara, properti, hingga energi.

1. Dewi Kam


Dewi Kam-(istimewa)-

sumber Kekayaan Dewi Kam sebagian besar dari saham di perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources Tbk. Ia merupakan pemilik saham minoritas sebesar 10 persen di emiten berkode BYAN itu.

Ini dipengaruhi naiknya harga saham Bayan Resources. Hal ini membuat kekayaan Low Tuck Kwong melejit sepanjang tahun. Dan tentu juga berlaku untuk Dewi Kam selaku salah seorang pemilik saham.

2. Arini Subianto


Arini Subianto-(istimewa)-

Arini Subianto menjadi wanita terkaya nomor dua di Indonesia dengan harta sebanyak US$1,5 miliar atau Rp22,5 triliun. Ia pun tercatat sebagai orang terkaya nomor 28 di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: