Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Uang Elektronik yang Ada Saat Ini, DANA Salah Satunya!

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Uang Elektronik yang Ada Saat Ini, DANA Salah Satunya!

--

Segala bentuk transaksi keuangan yang ada akan terekam dengan baik di aplikasi uang elektronik, baik itu pembayaran maupun pembelian. Lengkap dengan jumlah nominal dan waktu terjadinya transaksi.

5. Kerjasama Promosi yang Menguntungkan

Pihak penyelenggara atau aplikasi uang elektronik kerap kali menyediakan banyak promo yang bertujuan menggaet lebih banyak pengguna. Kerjasama ini umumnya berlangsung dengan pihak merchant. Jadi, sebagai pebisnis Anda akan banyak diuntungkan jika ada promosi. 

6. Manfaat Uang Elektronik Untuk Masyarakat atau Pembeli

Bukan hanya pebisnis, uang elektronik juga banyak membawa keuntungan bagi para penggunanya atau masyarakat secara luas. Apa saja keuntungannya? 

7. Pembayaran Lebih Mudah

Keuntungan yang pertama dari adanya jenis uang elektronik yaitu mempermudah pembayaran. Segala bentuk transaksi yang ada akan terintegrasi secara langsung dengan sistem dan para penggunanya bisa melakukan pembayaran di mana saja secara realtime selama ada koneksi internet.

8. Tidak Perlu Repot-Repot Membawa Banyak Uang

Membawa banyak uang di dompet kadang bisa menjadi ketakutan tersendiri dan muncul perasaan was-was. Nah, dengan adanya e-money rasa cemas dan takut yang Anda miliki bisa tepis  jauh-jauh. Cukup bermodalkan kartu atau smartphone, pembayaran bisa dengan mudah terjadi.

9. Hemat Waktu

Uang elektronik menjadikan segalanya lebih mudah. Sebagai pengguna, Anda tidak perlu repot-repot membuka isi dompet hanya untuk mencari sejumlah uang dengan nominal yang pas untuk membayar. Cukup keluarkan kartu atau lakukan pemindaian pada kode yang tersedia.

Jenis-jenis Uang Elektronik

Jenis uang elektronik terbagi ke dalam dua. Pertama yaitu uang elektronik berbasis chip dan yang kedua yaitu uang elektronik berbasis server. Apa saja perbedaan keduanya? Ini dia penjelasan keduanya.

  • Uang Elektronik Berbasis Chip (Disimpan di Kartu)

E-money jenis yang pertama yaitu e-money yang tersimpan di dalam chip yang tertempel pada sebuah kartu. Kartu ini juga dijadikan sebagai bukti kepemilikan saldo yang ada. Kartu e-money ini bisa didapatkan dengan membelinya secara offline pada toko atau gerai yang menjual maupun membelinya secara online. Contoh e-money berbasis chip ini adalah kartu e-money bank mandiri, flazz BCA, dan lain sebagainya.

  • Uang Elektronik Berbasis Server (Disimpan di Aplikasi)

Sebagaimana dengan namanya yakni berbasis server, jenis e-money yang satu ini disimpan pada sebuah aplikasi yang sering kali disebut sebagai e-wallet atau dompet elektronik. Beberapa e-wallet yang cukup populer di Indonesia yaitu OVO, GoPay, DANA, dan lain sebagainya. E-money jenis ini dinilai lebih praktis dari segi transaksi yang bisa dengan mudah untuk dilacak, bisa digunakan untuk banyak transaksi, dna cenderung memiliki limit uang yang lebih banyak ketimbang e-money berbasis chip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: