Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Uang Elektronik yang Ada Saat Ini, DANA Salah Satunya!

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Uang Elektronik yang Ada Saat Ini, DANA Salah Satunya!

--

Kelebihan dan Kekurangan Uang Elektronik

Adanya uang elektronik tentu memudahkan kita untuk melakukan transaksi secara lebih mudah, aman, dengan proses yang cepat. Meskipun begitu, jenis uang elektronik yang beredar di luaran sana tidak terlepas dari kelebihan serta kekurangan.

Uang elektronik punya sederet kelebihan yang bisa Anda rasakan. Antara lain seperti di bawah ini.

1. Efisien dan Akurat

Dalam melakukan transaksi menggunakan uang elektronik, Anda tidak perlu khawatir nominal yang dibayarkan kelebihan ataupun kekurangan. Semuanya akan terhitung otomatis dan dicatat langsung oleh sistem. Anda juga tidak perlu menyediakan uang pas ataupun kembalian.

2.Ringan dan Aman

Jenis uang elektronik baik itu kartu berbasis chip maupun e-wallet, keduanya sama-sama memiliki tingkat keamanan yang cukup baik. Di samping itu, Anda juga tidak perlu repot-repot membawa dompet tebal berisikan lembaran uang. Ini tentunya membuat bawaan Anda lebih ringan dan terhindar dari perasaan was-was.

3.Beragam Promo

Beragam promo menarik seringkali diberikan oleh para provider. Dari mulai yang berbentuk cashback sampai dengan bonus points. Terutama di hari-hari besar atau tanggal cantik seperti 11.11.

4. Kekurangan Uang Elektronik

Selain kelebihan, uang elektronik juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya yakni ada 2 jenis kekurangan yang cukup membatasi para penggunanya.

5. Terdapat Batasan Maksimal Pengisian Saldo

Umumnya, para provider memiliki limit maksimal yang membuat para penggunanya tidak dapat mengisi saldo diatas 10 juta. Kebijakan ini sebetulnya cukup bagus mengingat fungsi utama dari uang elektronik adalah sebagai pengganti dompet, bukan untuk menghimpun uang layaknya bank. 

6. Hanya Dapat Digunakan di Mesin atau Tempat Tertentu

Uang elektronik memang banyak mempermudah beragam transaksi. Namun sayangnya, penggunaan uang elektronik masih terbatas di mesin dan tempat tertentu saja. Belum banyak merchant atau mitra usaha yang menggunakannya, khususnya bagi mereka yang berada di luar kota besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: