Ini Dia Badan Intelijen Terkenal di Dunia, Ada BIN dari Indonesia

Ini Dia Badan Intelijen Terkenal di Dunia, Ada BIN dari Indonesia

Badan Intelijen Negara (BIN)-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

4. ISI Pakistan

Inter-Services Intelligence atai ISI merupakan badan intelijen utama Pakistan. Badan ini bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memproses, dan menganalisis informasi apa pun dari seluruh dunia yang dianggap berkaitan dengan keamanan nasional Pakistan. Sebagai salah satu anggota utama komunitas intelijen Pakistan, ISI melapor kepada Direktur Jenderalnya. Serta berfokus pada penyediaan informasi intelijen kepada pemerintah Pakistan.

5. R&AW India

Research and Analysis Wing atau R&AW adalah badan intelijen asing India. Fungsi utama badan ini adalah mengumpulkan informasi intelijen asing, kontra-terorisme, kontra-proliferasi, menasihati pembuat kebijakan India, dan memajukan kepentingan strategis asing India. Badan ini Berkantor pusat di New Delhi, dan dikepalai oleh Samant Goel. Kepala R&AW ditunjuk sebagai Sekretaris di Sekretariat Kabinet, dan berada di bawah wewenang Perdana Menteri India tanpa pengawasan parlemen

BACA JUGA:Gaji Lulusan IPDN 2023 : Ini Syarat & Dokumen Masuk IPDN

BACA JUGA:Ini Daftar Gaji Lulusan STAN Terbaru 2023, Rata-Rata Di Atas Rp 10 Juta

6. MI6 Inggris

MI6 atau nama resminya Secret Intelligence Service ialah badan pemerintah Inggris yang bertanggung jawab atas pengumpulan, analisis, dan penyebaran intelijen asing. MI6 juga memiliki tanggung jawab melakukan kegiatan mata-mata di luar wilayah Inggris. Cikal bakal badan intelijen ini telah terbentuk sejak pembentukan dinas rahasia pada 1569 oleh Sir Francis Walsingham, yang menjadi sekretaris negara Ratu Elizabeth I.

Sementara MI6 yang sekarang dibentuk pada 1912 oleh Mansfield Cumming sebagai bagian dari upaya Inggris untuk mengoordinasikan kegiatan intelijen sebelum pecahnya Perang Dunia I. Pada 1930-an dan 1940-an, lembaga ini dianggap sebagai dinas intelijen paling efektif di dunia. Menyusul naiknya kekuasaan Adolf Hitler di Jerman, MI6 melakukan operasi mata-mata di Eropa, Amerika Latin, dan sebagian besar Asia. Nama “MI6” berasal selama periode ini, ketika badan tersebut adalah “bagian enam” dari intelijen militer.

7. DGSE Prancis

DGSE, singkatan dari Direction Générale De La Sécurité Extérieure atau Dewan Umum Keamanan Eksternal merupakan badan intelijen Prancis. Badan ini sebelumnya bernama Sdece, atau Service De Documentation Extérieure Et De Contre-spionnage, (“Layanan Dokumentasi Eksternal dan Counterespionage” pada era 1947 hingga 1981. Ini merupakan dinas intelijen dan kontra intelijen yang beroperasi di bawah kementerian pertahanan pemerintah Prancis.

8. Mossad Israel

Mengutip Britannica.com, Mossad atau lengkapnya Mossad Merkazi le-Modiin ule-Tafkidim Meyuhadim, (Institut Pusat untuk Intelijen dan Operasi Khusus”), merupakan salah satu dari tiga organisasi intelijen utama Israel. Mossad bertanggung jawab terhadap pengumpulan intelijen asing, analisis intelijen, dan operasi rahasia.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: