Ini Dia Badan Intelijen Terkenal di Dunia, Ada BIN dari Indonesia

Ini Dia Badan Intelijen Terkenal di Dunia, Ada BIN dari Indonesia

Badan Intelijen Negara (BIN)-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan intelijen merupakan badan yang sangat dibutuhkan oleh sebuah negara. Pasalnya badan intelijen adalah badan milik pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, memata-matai, dan mengeksploitasi informasi intelijen untuk tujuan penegakan hukum, keamanan nasional, pertahanan, dan kebijakan luar negeri.

Nah, kali ini kita akan mengumpulkan 8 badan intelijen yang sudah diakui dunia. Kita masuk salah satunya Badan Intelijen Negara (BIN) Indonesia.

Berikut sejumlah nama badan intelijen negara yang cukup terkenal di dunia.

1. BIN Indonesia

Badan Intelijen Negara atau disingkat BIN, menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2010 Tentang Badan Intelijen Negara adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Badan ini bertugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang intelijen.

BACA JUGA:Sejarah Badan Intelijen Negara (BIN) Indonesia: Pernah Dilatih Badan Intelijen Amerika CIA

BACA JUGA:Tugas dan Ciri-ciri Anggota BIN: Syarat Menjadi Anggota BIN 2023

2. CIA Amerika Serikat

Mengutip laman cia.gov, Central Intelligence Agency, disingkat CIA merupakan badan intelijen asing utama dunia di AS. CIA bertugas mengumpulkan dan menganalisis intelijen asing dan melakukan tindakan rahasia. Pembuat kebijakan AS, termasuk Presiden, membuat keputusan kebijakan berdasarkan informasi yang CIA berikan. Melansir dari britannica.com, secara resmi CIA dibentuk pada 1947, yang merupakan pengembangan dari dari Kantor Layanan Strategis (OSS) Perang Dunia II.

3. GRU Rusia

Masih mengutip dari britannica.com, GRU, singkatan dari Glavnoye Razvedyvatelnoye Upravlenie, atau Kepala Kantor Intelijen, merupakan organisasi intelijen militer Soviet. Organisasi ini tidak memiliki hubungan formal dengan KGB, polisi politik dan badan keamanan Soviet, meskipun otoritas intelijen Barat percaya bahwa KGB memiliki agen di dalam GRU.

BACA JUGA:Berminat Masuk STIN, IPDN dan STAN? Cek Nilai Raport dan Ijazah Anda

BACA JUGA:Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Lulus Jadi CPNS, Begini Cara Daftarnya

Reuters melaporkan, nama secara resmi GRU diubah pada 2010 menjadi hanya GU. Tetapi akronim lamanya, GRU, masih lebih banyak digunakan. Tujuan organisasi ini adalah penyediaan intelijen militer untuk presiden dan pemerintah Rusia. Termasuk memastikan keamanan militer, ekonomi dan teknologi Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: