Pelajar SMPN 13 Kota Bengkulu Lakukan Itikaf, Berdiam di Masjid Selama 1 Hari 1 Malam

Pelajar SMPN 13 Kota Bengkulu Lakukan Itikaf, Berdiam di Masjid Selama 1 Hari 1 Malam

Pelajar SMPN 13 Kota Bengkulu Gerakan Itikaf-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kepala SMPN 13 Kota Bengkulu, Drs Tarmizi   menuturkan, dalam menunjang  pelaksanaan program kelas religius, pihaknya melakukan kerjasama dengan  pengurus Masjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu dalam gerakan itikaf pada pelajar. 

Sekolah  yang lokasinya tidak jauh dengan  Berendo Masjid Agung  At-Taqwa  itu memiliki inspiratif dengan melakukan gerakan itikaf di Masjid Agung At-Taqwa, Kota Bengkulu.  Ini dilakukan untuk para pelajar laki-laki mengikuti ibadah dengan berdiam diri di masjid selama satu hari satu malam  (itikaf).

Tujuannya, tidak lain membentuk pertumbuhan, memperbanyak ibadah, mulai mendengar ceramah agama, baca Quran dan berbagai aktivitas di dalam masjid,  untuk mendidik adab  bagi pelajar, yang dilaksanakan  dalam waktu satu hari satu malam, tepatnya week end (Sabtu-Minggu). Kegiatan ini menjadi ajang latihan nyata untuk siswa  lebih mendekatkan diri kepada Allah. 

"Setiap malam Minggu, paling sedikit 20 pelajar yang diturunkan, mereka akan didampingi dewan guru, dan akan mendapat bimbingan para ustad dari Masjid At-Taqwa," katanya. 

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Bakal Naikkan TPP Khusus Pegawai Tertentu, Total Anggaran Rp 239,8 Miliar

BACA JUGA:Tahun Ini Pemutihan Pajak Kendaraan Dilanjutkan

Kegiatan ini, kata Tarmizi  telah melalui izin dari orang tua, dan sifatnya tidak dipaksanakan. Banyak hal positif sejak gerakan itikaf ini diterapkan,  selain membentuk serta membimbing pelajar dalam beribadah dengan suka cita,  para peserta didik  yang ikut itikaf mendapat nilai tambah dari  guru PAI. 

"Mereka yang ikut itikaf selalu tercatat, dan kehadiran mereka akan mendapat tambahan nilai Pendidikan Agama Islam  karena itikaf bagian pembinaan akhlak," tukasnya. (247) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: