Tempat Pembuangan Sampah Citandui Lingkar Barat Resmi Ditutup, Ini Penyebabnya

Tempat Pembuangan Sampah Citandui Lingkar Barat Resmi Ditutup, Ini Penyebabnya

Lurah Lingkar Barat, Dodi Asri (39) didampingi RW, RT dan Linmas memantau penarikan kontainer sampah DLHK, Selasa (31/1/2023). -(foto: renald/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kontainer sampah di Tempat Pembuangan sampah (TPS) di Jalan Citandui, Kelurahan Lingkar Barat, Kota Bengkulu, resmi ditarik Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Bengkulu, Selasa (31/1/2023).

Dengan ditariknya kontainer sampah di TPS Citandui, TPS tersebut resmi ditutup dan masyarakat dilarang membuang sampah di sana lagi.

Lurah Lingkar Barat Dodi Asri (39) menuturkan, masyarakat yang membuang sampah di TPS Citandui mayoritas bukan warga kelurahannya, melainkan warga kelurahan lain yang sengaja datang untuk membuang sampah. 

"Karena lokasi tempat sampah berada di pinggir jalan raya sehingga warga dengan mudah membuang sampai begitu saja. Walaupun mereka bukan warga Kelurahan Lingkar Barat," ujar Dodi.

BACA JUGA:3 Lokasi di Bengkulu Ini Rawan Penyebaran HIV/AIDS, Perlu Pemeriksaan Khusus

BACA JUGA:Eksploitasi Kekayaan Alam Harus Sesuai Perda RTRW

Lebih Lanjut Dodi menambahkan, Kelurahan Lingkar Barat memiliki 4 Rukun Warga (RW) dan 23 Rukun Tetangga (RT) sudah 80% warganya berlangganan jasa pembuangan sampah.

"Tumpukan sampah sampai menutupi badan jalan tersebut membuat lingkungan tidak bersih, indah dan sehat. Sedangkan, kami sangat mendukung program pemerintah kota, merdeka dari sampah," katanya. 

Dodi juga mengungkapkan, setelah kontainer sampah ditarik DLHK Kota Bengkulu, Kelurahan Lingkar Barat bersama Ketua RW dan Ketua RT, serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Linmas, bakal menjaga dan terus mengimbau warga kelurahan Lingkar Barat dan warga kelurahan lain tidak lagi membuang sampah di lokasi TPS Citandui yang telah ditutup tersebut. 

"Kami akan menjaga dan memantau terus dilokasi. Kami minta tidak ada lagi masyarakat sengaja membuang sampah dan menyebabkan tumpukan sampah lagi," tegasnya. 

BACA JUGA:Honor Tahun 2022 Belum Dibayar, Puluhan Tenaga Kesehatan Datangi DPRD

BACA JUGA:Hore! Penghasilan Tetap Perangkat Desa Naik

Di tempat sama Ketua RW 03, Roby Bahermansyah (50) mengatakan, warganya sangat risih dan memprotes adanya tumpukan sampah di Jalan Citandui. 

"Warga kami perotes dengan sampah yang menumpuknya kiriman dari warga kelurahan lain," ungkapnya. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: