6.700 Pemilih Pemula di Kota Bengkulu Belum Punya e-KTP, Ternyata Ini Penyebabnya

6.700 Pemilih Pemula di Kota Bengkulu Belum Punya e-KTP, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi KTP di kantor Dukcapil-(foto istimewa/bengkuluekspress.disway.id-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini di Kota Bengkulu ada sekitar 6.700 pemilih pemula yang berusia 17 tahun belum memilki e-KTP atau KTP Elektronik.

Hal ini dikarenakan  banyaknya pelajar yang baru lulus sekolah belum melakukan perekaman KTP. Untuk itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu terus mengebut perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) pemula. 

Bahkan, sekarang ini Dukcapil kota pun gencar melakukan jemput bola kesekolah untuk melakukan perekaman e-KTP. 

Dikatakan Kepala Dukcapil Kota Bengkulu, Drs Widodo, perekaman e-KTP bagi pemula ini terus akan gencar dilakukan hingga warga kota terutama yang berusia 17 tahun sudah memiliki e-KTP sebagai syarat administrasi  warga negara Indonesia.

BACA JUGA:Waspada! Ini Kawasan yang Dipasangi ETLE Oleh Polda Bengkulu

"Data sementara ini, ada hampir 7.000 ribu lebih warga kota usia 17 tahun yang belum memiliki bahkan belum rekam e-KTP. Oleh karena itu, kita pun gencar melakukan jemput bola perekaman ke sekolah-sekolah untuk bisa mempercepat perekaman dan pencetakan e-KTP ini. Ini juga sebagai langkah kita dalam menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang. Jadi kita akan berusaha agar seluruh pelajar berusia 17 tahun 100 persen sudah punya e-KTP," ucap Drs Widodo, Selasa (13/12/2022).

Ia pun berharap, pihak sekolah bisa terus mendukung program ini sebagai upaya dalam percepatan kepemilikan e-KTP sebagai salah satu administrasi kependudukan. Apalagi saat ini ketersediaan blangko cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun nanti. 

Karena pelayanan adminduk terutama e-KTP harus terus menjadi prioritas terutama menjelang pemilu 2024 nanti. Karena usia 17 tahun memang sudah memiliki hak pilih dalam menentukan pilihan siapa yang akan memimpin di kota Bengkulu bahkan pemilihan presiden nantinya. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: