Inovasi Samsat Holiday Hingga Samsat Go To Campus Dorong Peningkatan PAD Bengkulu 2022

Inovasi Samsat Holiday Hingga Samsat Go To Campus Dorong Peningkatan PAD Bengkulu 2022

Direktur Ditlantas Polda Bengkulu Kombes Pol Sumardji-(foto: tri yulianti/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bengkulu tahun 2022 mengalami kenaikan hingga 25% dari tahun sebelumnya. Peningkatan PAD ini tentunya tidak terlepas dari program pemutihan pajak kendaraan bermotor roda dua dan roda empat atau lebih serta inovasi yang dilakukan polri untuk menarik masyarakat wajib pajak pembayar pajak.

Disampaikan Direktur Ditlantas Polda Bengkulu Kombes Pol Sumardji pada Rapat Kerja Teknis Tim Pembina Samsat, Rabu (30/11/2022), tugas Polri di lingkungan Samsat memberikan status kepastian hukum untuk surat-surat kendaraan. 

Dimana pada tahun ini kata Kombes Pol Sumardji, tahun ini jumlah kendaraan baru turun sebanyak 14%. Angka itu disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya faktor ekonomi karena inflasi yang semakin meningkat. Namun dibalik itu, pembebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) atau mutasi masuk mengalami kenaikan sebanyak 20%.

Masih kata Kombes Pol Sumardji, Provinsi Bengkulu selama ini sulit untuk pendataan kendaraan dikarenakan banyak masyarakat yang belum melaksanakan balik nama. 

BACA JUGA:2 Ribu Lebih Kendaraan di Bengkulu Abaikan ETLE

Sejak adanya program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini, menimbulkan dampak yang sangat bagus dimana PAD Bengkulu meningkat bahkan peningkatannya cukup tinggi dibandingkan tahun lalu.

"Untuk meningkatkan PAD Bengkulu ini kita dari Polri turut serta dengan memberikan inovasi-inovasi yang menarik perhatian masyarakat Bengkulu agar mereka mau wajib pajak dan melakukan pembayaran pajak," kata Kombes Pol Sumardji.

Lebih lanjut untuk inovasi yang dilakukan anggota Ditlantas Polda Bengkulu dan jajarannya dimulai dari Samsat Holiday yang mana pembayaran pajak kendaraan bermotor dilakukan dihari libur dengan sasaran lokasinya adalah objek wisata.

Selain itu, ada Samsat Go To Campus yang dilakukan di lingkungan kampus seperti Universitas Bengkulu dan lainnya. Tidak hanya itu, pihaknya juga memberikan Service gratis kendaraan bermotor di Samsat.

"Berkaitan dengan sinergi kebersamaan ini harus dijaga hubungannya, untuk kedepan inovasi kegiatan dapat ditambah dan kualitas layanan benar-benar dijalankan. Untuk Para Kasatlantas jajaran diwajibkan untuk menciptakan inovasi layanan yg lebih dekat pada masyarakat," tutup Kombes Pol Sumardji. 

Diketahui tahun ini peningkatan PAD sebesar  25% dari target pajak tahun lalu. Rinciannya, PKB sebesar Rp. 267 M lebih atau 98,80%. Sedangkan BBNKB sebesar Rp. 162 M atau sudah 100,07% dengan jumlah PAD Bengkulu yang telah terkumpul saat ini sebesar Rp. 429 M lebih. (TRI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: