Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Imbau Laksanakan Sholat Gerhana

Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Imbau Laksanakan Sholat Gerhana

Kepala Bidang Urusan Agama Islam (URAIS) Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs. H. Ramlan A. Karim, MHI.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Terkait adanya gerhana bulan total diperkirakan akan terjadi sore hari ini, (8/11/2022), Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu melalui press release mengimbau kepada seluruh umat muslim untuk melaksanaan sholat gerhana.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam (URAIS) Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs. H. Ramlan A. Karim, MHI mengungkapkan, fenomena alam yang terjadi secara global tersebut, wilayah yang dapat melihat Gerhana Bulan Total (GBT) diantaranya Provinsi Bengkulu. 

Untuk itu Kanwil Kemenag Bengkulu menghimbau agar masyarakat Provinsi Bengkulu dapat melaksanakan sholat sunnah muakkadah sebagaimana kesepakatan para ulama berdasarkan hadis Nabi Muhamad SAW.

"Kita menghimbau kepada masyarakat Bengkulu dapat melakukan sholat gerhana ini karena nilai sunahnya sangat baik dan sangat jarang terjadi," ungkap Ramlan, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (8/11/2022).

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Tekan 100 Persen Vaksinasi

Dalam surat tersebut, terdapat terdapat 3 poin utama himbauan, yaitu, pertama, sholat gerhana bulan disunnahkan kepada daerah yang mengalami puncak Gerhana Bulan Total (GBT). 

Kedua, agar saudara menginstruksikan kepada Kepala Seksi Bimas Islam dan Kepala KUA, untuk bersama para ulama, para pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat melaksanakan salat gerhana bulan (Khusuf al Qamar),

Ketiga, pelaksanaan salat gerhana bulan disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing.

Lebih lanjut, Ramlan menyampaikan, pelaksanaan sholat gerhana dapat disesuaikan dengan masing wilayah, khususnya wilayah yang dapat menyaksikan.

"Terkait dengan pelaksanaan sholat gerhana, kita hanya bersifat imbauan kepada seluruh elemen masyarakat yang disesuaikan dengan kondisi didaerah masing-masing," ujarnya.

Untuk Kanwil Kemenag sendiri, juga akan menggelar sholat gerhana bersama Pemprov dan pengurus Masjid Raya Baitul Izzah (MRBI) dan mempersilakan masyarakat yang ikut sholat gerhana tersebut.

"Kita kanwil Kemenag bersama Pemprov akan melaksanakan bersama di MRBI rencananya nanti yang waktunya hampir berbarengan dengan waktu sholat maghrib," tutupnya.(Suary).

Surat tersebut ditujukan kepada seluruh Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten kota Se-Provinsi Bengkulu, bahwa berdasarkan data astronomi pada hari Selasa tanggal 08 November 2022 M bertepatan tanggal 13 Rabiul Akhir 1444 H akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: