Bantuan Lampu Jalan Tenaga Surya untuk Kota Bengkulu Terancam Batal

Bantuan Lampu Jalan Tenaga Surya untuk Kota Bengkulu Terancam Batal

LPJU Tenaga Surya-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah kota Bengkulu dijanjikan akan mendapat bantuan 250 unit lampu penerangan jalan umum (LPJU) tenaga surya dari Kementerian ESDM tahun ini. Namun informasi terakhir diterima, bantuan tersebut terancam batal direalisasikan karena dialihkan ke daerah lain. Namun Pemerintah Pusat berjanji akan tetap memberikan bantuan kepada pemkot Bengkulu tahun ini pada APBN Perubahan nantinya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu Hendri Kurniawan mengatakan pihaknya akan tetap menunggu bantuan tersebut mengingat di Kota Bengkulu penambahan LPJU masih sangat dibutuhkan. Untuk 1 unit lampu bertenaga surya ini bernilai 30 juta rupiah dengan masa pemakaian 2 sampai 3 tahun.

"Beberapa waktu yang lalu kami sudah ke Kementerian ada pengalihan titik yang seharusnya sudah diploting untuk kota Bengkulu. Tapi kita sudah berkoordinasi lagi dan Insya Allah akan diusahakan oleh Kementerian ESDM untuk tetap dipenuhi pada tahun ini," jelasnya, Kamis (28/07).

BACA JUGA:Dewan Dorong DP3AP2KB Bentuk Satgas Kota Layak Anak

Sementara itu untuk lampu tenaga surya yang saat ini sudah mati atau rusak, Dishub akan mengusulkan mengganti lampu tenaga surya tersebut dengan lampu LED dari tenaga listrik. Mengingat kendala penggunaan lampu tenaga surya ada pada aki yang harganya mencapai Rp 3,5 juta dengan masa pemakaian hanya sekitar 2 sampai 3 tahun. 

Sedangkan lampu LED listrik seharga Rp 4,5 juta dengan pemakaian bisa mencapai 5 tahun dan bergaransi. Atas pertimbangan efisiensi tersebut Dishub akan mengganti lampu tenaga surya yang rusak dengan lampu bertenaga listrik agar tetap bisa bermanfaat bagi masyarakat dan lebih menghemat anggaran. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: