Gagas Penerbangan Bengkulu – Malaysia

Gagas Penerbangan Bengkulu – Malaysia

BENGKULU, BE - Pemerintah Provinsi Bengkulu merancang membuka penerbangan jurusan Bengkulu -Malaysia.

Wakil Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Merysah MA mengatakan, langkah ini bekerja sama dengan travel agent Malaysia untuk mempermudah masyarakat Malaysia berkunjung ke Bengkulu, maupun sebaliknya.

“Sedang digagas untuk membuka penerbangan Malaysia-Bengkulu, jika tidak bisa setiap hari penerbangan, paling tidak satu minggu 2 kali, biar nanti orang Bengkulu yang mau ke Malaysia atau orang Malasysia mau ke Bengkulu lebih cepat dan lebih murah,\" ungkap Rohidin, kemarin (20/3).

Disela-sela kunjungannya pada acara Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair 2017 pada 17-19 Maret kemarin, ia mengaku menyempatkan diri bertemu dengan masyarakat Bengkulu yang tergabung dalam Persatuan Bengkulu Malaysia (PBM). Tiba di Malaysia, Wagub langsung disajikan masakan khas Bengkulu, diataranya adalah Bytat dan Niron, setelah sebelumnya salat maghrib berjamaah di Masjd Nurul Islamiah.

\"Saya berniat ingin bersilaturahmi dengan masyarakat Bengkulu di Kampung Sungai Choh, bahkan saya sampai berkesimpulan bahwa jika belum ke Sungai Choh ini berarti belum sampai di Malaysia,\" terangnya.

Musik Dol Pukau Warga Malaysia

Disisi lain, dalam event Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair 2017 juga ditampilkan musik dol khas Bengkulu. Penampilan Musik Beruji Dol dari Sanggar Puspa Kencana Budaya yang merupakan sanggar di bawah bimbingan Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu ini memukau pengunjung yang hadir dalam event tersebut.

“Saya melihat Dol Bengkulu dalam event itu, saya kira ini tampilan budaya Bengkulu yang sangat menarik sekaligus elegan, dan semangatnya itu sangat tinggi,” terang Rohidin.

Menurutnya, walaupun animo penonton cukup baik, namun ada beberapa hal yang perlu lebih ditingkatkan. Diantaranya, jumlah personel yang yang ikut dalam pentas, menurut Wagub terlalau sedikit, sehingga alat musik Dol tidak bisa ditampilkan semua karena keterbatasan personel.

“Saya membandingkan dengan beberapa pentas seni dari beberapa negara lain, seperti Filipina, kemudian juga tampil dari Malaysia sendiri, saya kira Dol mendapat sisi yang bagus di mata penontonnya, dan sekali lagi ini mencerminkan suatu semangat seni yang sangat baik untuk kita promosikan ke mancanegara,” tutup Rohidin. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: