Program Bantuan Dibarengi Pembinaan

Program Bantuan Dibarengi Pembinaan

TUBEI, BE - Meski banyak program bantuan yang diberikan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten kepada petani, sejauh ini bantuan tersebut belum berdampak terhadap pengingkatan ekonomi para petani.

Salah satu faktor kegagalan bantuan ini karena minimnya pengetahuan para petani terhadap pengelolaan bantuan tersebut. Agar kejadian yang sama tidak terulang lagi maka Kedepanya setiap bantuan yang diberikan oleh pemerintah terumata Pemkab Lebong, maka harus di barengi pembinana teknis pengelolaan bantuan tersebut. Hal ini diungkapkan anggota DPRD Lebong Drs Edi Sudiyanto kepada wartawan kemarin.

\"Kelemahan yang kita lihat dengan berbagai program bantuan petani yakni masih minimnya pengetahan masyarakat untuk mengelola bantuan yang diberikan. Harapan kita setiap bantuan yang diberikan harus dibarengi dengan memberikan bimbingan teknis kepada petani penerima bantuan. Hal ini agar bantuan benar-benar dapat dikelola dan bermanfaat untuk peningkatan ekonomi petani,\" kata Edi Sudiyanto.

Selain itu, salah satu usulan dari masyarakat untuk diprogramkan Pemkab Lebong yakni masalah bimbingan teknis terkait bantuan yang diberikan kepada masyarakat. Sebagai contoh kegagalan program yang dirasakan masyarakat yakni pengadaan bibit karet yang dilakukan sejak tahun 2007, namun karena ketidakpahaman petani bercocok tanam karet ini maka bibit yang diberikan tidak bermanfaat.

\"Pelatihan bagi masyarakat masih sangat diperlukan. Kita berharap setiap bantuan yang diberikan kepada masyrakat terlebih dahulu diberikan pelatihan, baik cara pengelolaan bantuan maupun cara bercocok tanam jika bantuan yang diberikan berupa bibit, sehingga tujuan dari pemberian bantuan ntuk mengikatkan ekonomi masyrakat dapat terwujud,\" pungkas Edi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: