Peran Perguruan Tinggu Lebih Besar

Peran Perguruan Tinggu Lebih Besar

BENGKULU, BE - Pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2013 ini, peran serta Perguruan Tinggi (PT) untuk tingkat SMA/MA dan SMK lebih dominan. Karena pelaksanaan ujian tersebut diharapkan berjalan lebih jujur dan hasilnya benar-benar bisa dipertanggungjawabkan secara akademik. Tak hanya mendapatkan tugas mengawasi pelaksanaan UN, PT juga ditugaskan mengatur guru-guru pengawas ruang UN sekaligus menetapkan ruang pengawas.

Dikatakan Fungsional Kehumasan Dispendik Provinsi Bengkulu, Drs Budiyanta,\'\'Perguruan Tinggi kembali mendapatkan kepercayaan untuk melakukan pengawasan proses penggandaan dan distribusi naskah UN SMA/MA, SMALB, SMK, SMP/Mts, dan SMPLB.\'\' Sedangkan untuk pemindaian LJUN SMP/MTs dilakukan oleh penyelenggaraan Ujian Nasional tingkat provinsi. Sementara UN tingkat SD hanya melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing daerah.

Proses penggandaan naskah soal UN ini dilakukan oleh penyelenggara tingkat provinsi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Bahkan, prosedur penggandaan naskah soal UN tersebut juga sudah diatur di dalam Prosedur Operasi Standar (POS) UN, yang ditetapkan oleh BSNP.

\"Saat ini kita sedang menunggu turunnya Peraturan Menteri Pendidikan dan POS tentang penggandaan soal UN ini,\" ucapnya. Selain itu, untuk pengawasan ruang UN pada setiap sekolah/madrasah juga diatur. BSNP juga menetapkan tim pengawas  terdiri dari guru yang mata pelajarannya tidak sedang diujikan. Selanjutnya, pengawasan ruang UN ini juga diatur dengan sistem acak dalam satu kabupaten/kota. Sedangkan untuk SMP/MTs, dan tingkat SD hanya melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing daerah. \"Jadi perguruan tinggi tidak ikut terlibat dalam pemantauan UN tingkat SMP/MTs. Karena, kelulusan SMP/MTs nanti akan digunakan untuk tingkat SMA/SMK,\" pungkasnya. (128)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: