Guru TK Diminta Kuasai Psikologi Anak

Guru TK Diminta Kuasai Psikologi Anak

\"\"TUBEI, BE - Pendidikan bagi anak usia dini bagian penting dalam upaya untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas sebagai penerus bangsa. Guru Taman Kanak-kanak (TK) diharapkan menguasai psikologis anak jika ingin memaksimalkan hasil pendidikan di kemudian hari.

Kadis Pendidikan Nasional, Pemuda dan Olahraga (Diknaspora) Kabupaten Lebong Drs Aswan MSi mengungkapkan bahwa penguasaan terhadap psikologi anaknya sangat penting dimiliki oleh seorang guru TK. Sehingga, ilmu yang diberikan pun mampu diserap dengan baik oleh anak. \"Guru harus menanamkan dasar pendidikan pada anak dalam usia dini.

Apalagi, pendidikan yang diterima anak ini merupakan modal bagi mereka untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Karena itu, penguasaan psikologi anak mestinya dikuasai oleh guru sehingga anak bisa menyerap dengan baik pengetahuan yang diberikan,\" ungkapnya.

Selain itu, di saat usia anak memasuki masa pendidikan TK penerimaan pengetahuan baru bagi si anak tengah memasuki usia emas. Bahkan, perkembangan otak dan perilakunya pun akan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Karena itu, peningkatan kompetensi pendidik TK dalam mendidik menurutnya sangat dibutuhkan.

Di mana para balita juga mestinya terdorong untuk terus menggali kemampuan diri yang masih terpendam. \"Tanpa adanya kompetensi khusus, kemampuan mereka menjadi stagnan. Para guru TK juga mesti mampu untuk menciptakan terobosan baru dalam meningkatkan kompetensi keguruannya sehingga materi yang di berikan tak mudah dilupakan oleh anak didiknya,\" pungkas Aswan.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: