Kepahiang Canangkan Tanam 1 Miliar Pohon

Kepahiang Canangkan Tanam 1 Miliar Pohon

KEPAHIANG, BE - Dalam rangka peringatan hari menanam pohon Indonesia (HMPI) dan gerakan tanam dan pelihara pohon (GTPP) Pemkab Kepahiang yang dimotori Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kepahiang bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Ketahun ProvinsiBengkulu melakukan penanaman 1 miliar pohon.

Penanaman pohon itu bertujuan untuk melestarikan budaya menanam untuk mewujudkan  Indonesia hijau sesuai dengan intruksi dari Menteri Kehutanan (Menhut) RI.\"Kegiatan ini juga melibatkan kaum perempuan khususnya ibu PKK,\" kata Kadis Hutbun Kepahiang Ris Irianto.

Pohon yang ditanam dalam kegiatan itu berjenis pohon sengon dan mahoni dimana dilakukan secara massal di berbagai kawasan  di Kabupaten Kepahiang. Penanaman pohon secara simbolis dilaksanakan di lingkungan GOR Kepahiang. \"Selanjutnya penanaman juga akan dilakukan di kawasan hutan, perkebunan masyarakat,dan lahan terdegradasi sehingga nantinya bisa menjadi lahan produktif,\" jelasnya.

Menurutnya, penanaman pohon merupakan salah satu upaya penghijauan, baik itu berupa rehabilitasi hutan ataupun deforestasi kawasan hutan serta beberapa bentuk tujuan lainnya. Selain itu kegiatan yang dilaksanakan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menanam satu orang satu pohon.\"Pohon yang sudah ditanam juga harus dirawat,\" terangnya.

Sementara itu, Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kader MM menyambut baik kegiatan penanaman pohon tersebut. Disisi lain kegiatan menaman pohon itu akan terus dikembangkan pihaknya terutama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.\"Perlu diingat salah satu jenis pohon itu yakni

sengon, dengan begitu kita akan terus mengembangkan potensi itu. Sehingga nantinya kita sudah berencana selain sengon bisa ditanam kopi, atau rawit setelah itu talas sotoimo. Dari sana penanaman pohon itu bisa disingkronkan dengan program kabupaten kita ini,\" jelas Bando.(505)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: