Sering Dianggap Tanaman Liar, Kenali 8 Manfaat Genjer Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Sering Dianggap Tanaman Liar, Kenali 8 Manfaat Genjer Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Manfaat sayur genjer untuk kesehatan tubuh -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Genjer, atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Limnocharis flava, adalah tanaman air yang biasa tumbuh di sawah, rawa-rawa, atau area berair lainnya. 

Di Indonesia, genjer sering dianggap sebagai tanaman liar yang tidak memiliki nilai ekonomis tinggi, tetapi sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan nutrisi. 

Masyarakat di beberapa daerah, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, dan sebagian Sumatra, telah lama memanfaatkan genjer sebagai bahan pangan yang diolah menjadi masakan tradisional, seperti tumis genjer atau sayur bening.

Sayangnya, karena ketersediaannya yang berlimpah dan tumbuh liar, genjer seringkali tidak begitu diperhatikan sebagai sayuran yang bernutrisi. 

BACA JUGA:Kurma Milk: Minuman Sehat Berbahan Kurma Asli Hadir di Bengkulu

BACA JUGA:10 Cara Alami Membuang Racun Dalam Tubuh Agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Padahal, genjer kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui manfaat genjer agar sayuran ini dapat lebih dihargai dan dimanfaatkan sebagai bagian dari pola makan sehat.

Manfaat Genjer Untuk Kesehatan 

1. Sumber Serat yang Baik untuk Pencernaan

Genjer mengandung serat dalam jumlah yang cukup tinggi, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu memperlancar proses pencernaan dengan mencegah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus.

Konsumsi genjer secara teratur dapat membantu menormalkan fungsi usus besar, mencegah terjadinya gangguan seperti irritable bowel syndrome (IBS), serta mengurangi risiko penyakit divertikulosis.

BACA JUGA:Minuman Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, dr Zaidul Akbar Rutinkan Setiap Hari

BACA JUGA:5 Tips Mengonsumsi Madu dengan Benar Agar Manfaatnya Lebih Maksimal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: