Ketahui 10 Penyebab Kenapa Ibu Susah Tidur Saat Masa Kehamilan

Ketahui 10 Penyebab Kenapa Ibu Susah Tidur Saat Masa Kehamilan

Salah satu masalah saat masa kehamilan adalah gangguan tidur yang kerap kali terjadi sehingga dapat mengganggu aktivitas dan menurunkan kesehatan tubuh. -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu masalah saat masa kehamilan adalah gangguan tidur yang kerap kali terjadi sehingga dapat mengganggu aktivitas dan menurunkan kesehatan tubuh. 

Kehamilan adalah fase yang sangat berharga dan penuh tantangan bagi seorang wanita, karena terjadi banyak perubahan fisik, hormonal, dan emosional dalam tubuhnya.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah gangguan tidur, terutama saat trimester kedua dan ketiga. 

Kesulitan tidur ini tidak hanya menyebabkan kelelahan, tetapi juga mempengaruhi kesehatan fisik dan mental ibu serta perkembangan janin. 

BACA JUGA:Dapatkan Ketenangan Jiwa dan Raga melalui Vinyasa Yoga

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Tangan Sebelah Kanan yang Terasa Pegal

Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab dari sulit tidur pada ibu hamil agar dapat dicarikan solusi yang tepat untuk menjaga kualitas istirahat selama kehamilan.

Penyebab Ibu Hamil Susah Tidur

1. Perubahan Hormon

Selama kehamilan, kadar hormon progesteron meningkat secara signifikan. Progesteron memiliki efek relaksasi pada otot-otot halus tubuh, yang juga memengaruhi otot-otot di saluran pencernaan dan saluran kemih.

Akibatnya, ibu hamil sering merasa lebih sering buang air kecil di malam hari dan mengalami rasa tidak nyaman di perut, yang dapat mengganggu tidur. 

Selain itu, perubahan hormon ini juga dapat mengubah pola tidur dan menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan di siang hari, sehingga mengganggu tidur malam.

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Bayi yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Sakit Radang Tenggorokan? Ikuti 10 Cara Alami untuk Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: