Begini Cara Paling Efektif Mengatasi OCD yang Kambuh Secara Tiba-tiba

Begini Cara Paling Efektif Mengatasi OCD yang Kambuh Secara Tiba-tiba

Cara paling efektif yang dapat mengatasi OCD kambuh -Pinterest-

BACA JUGA:Ingin Cuci Darah Secara Alami, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

Lepaskan segala kekhawatiran dan cobalah mengatasinya satu per satu. Perhatikan juga apakah masalahnya realistis atau tidak.

Ingatlah juga untuk mencatat peristiwa penting yang pernah terjadi sebelumnya. Sehingga Anda bisa mulai mengenali penyebab rasa khawatir berlebihan dan menemukan cara paling efektif untuk mengatasi gejala OCD.

3. Pertanyakan pendapat Anda mengenai situasi ini.

Pikirkan ketakutan Anda, lalu tanyakan pada diri Anda apakah itu benar atau Anda mengacaukan pikiran ini dengan kenyataan.

Misalnya, Anda mengira tangan Anda tidak akan bersih jika belum dicuci sebanyak enam kali. Cobalah untuk menentukan apakah interpretasi Anda benar, apakah itu membantu Anda, atau apakah ada aspek negatif dari pemikiran tersebut. 

BACA JUGA:Inilah 7 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

BACA JUGA:5 Cara Hidup Sehat Tanpa Obat, Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar Berikut Ini

Saat Anda menantang ketakutan yang memenuhi pikiran Anda, Anda dapat membuka diri terhadap cara yang lebih positif dan realistis dalam memandang situasi.

4. Cobalah mengurangi perilaku kompulsif secara bertahap.

Misalnya, jika Anda perlu memeriksa apakah mesin cuci mati 10 kali, biarkan Anda memeriksanya sebanyak delapan kali terlebih dahulu.

Kemudian Anda dapat mencoba menguji mesin cuci sebanyak enam, empat, dan dua kali. Terus lakukan ini sampai Anda dapat mengujinya sekali saja.

Jika Anda berjuang dengan OCD, buatlah janji bertemu psikiater atau psikolog untuk menemukan lebih banyak strategi pertolongan diri yang disesuaikan dengan situasi Anda.

BACA JUGA:Ternyata Air Ini Sakti, Cukup Teteskan di Mata, Dr Zaidul Akbar: Mata Akan Sehat

BACA JUGA:Kenali 9 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: