Begini Tips Menggunakan Lensa Kontak Dengan Tepat

Begini Tips Menggunakan Lensa Kontak Dengan Tepat

Tips menggunakan lensa kontak dengan benar -Pinterest: Alisha-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Lensa kontak adalah alat bantu penglihatan yang praktis dan populer di kalangan pengguna kacamata. 

Selain memberikan kebebasan dari frame kacamata, lensa kontak juga dapat meningkatkan penampilan dan memperluas bidang pandang. Namun, penggunaan lensa kontak memerlukan perhatian khusus dalam hal kebersihan dan perawatan.

Penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, mulai dari iritasi ringan hingga infeksi serius yang dapat mengganggu penglihatan.

Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menggunakan lensa kontak dengan aman dan nyaman. Berikut ini ada tips menggunakan lensa kontak yang tepat.

BACA JUGA:Membuat Pupuk dari Cangkang Telur, Ini Langkah yang Harus Dilakukan

BACA JUGA:Ampuh Atasi Anemia Salah Satu Khasiat Labu Siam

1. Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Lensa Kontak

Sebelum menyentuh atau memasang lensa kontak, pastikan tangan Anda bersih. 

Cuci tangan dengan sabun dan keringkan dengan handuk bebas serat. Tangan yang kotor dapat mentransfer kuman dan bakteri ke mata, menyebabkan infeksi seperti conjunctivitis (mata merah).

2. Bersihkan Lensa Kontak Secara Teratur

Jika Anda menggunakan lensa kontak yang dapat digunakan berulang kali (lensa kontak harian, mingguan, atau bulanan), pastikan untuk membersihkannya dengan larutan khusus lensa kontak. 

Jangan gunakan air atau cairan lain yang tidak dirancang untuk lensa kontak karena bisa menyebabkan iritasi atau infeksi.

Langkah pembersihan: Rendam lensa kontak dalam larutan pembersih dan gosok perlahan permukaannya untuk menghilangkan kotoran dan debu. Bilas dengan larutan segar sebelum menyimpannya di dalam wadah steril.

BACA JUGA:Memakai Masker Madu Setiap Hari Bisa Atasi Jerawat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: