Brimob Polda Bengkulu Siap Jaga Keamanan Pemilukada Serentak 2024

Brimob Polda Bengkulu Siap Jaga Keamanan Pemilukada Serentak 2024

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Bengkulu, Kombes Pol Muhamad Fahri-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Guna mensukseskan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) serentak 2024 di Provinsi Bengkulu, Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Bengkulu menyatakan kesiapan penuh untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilu berlangsung.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Bengkulu, Kombes Pol Muhamad Fahri, menjelaskan bahwa Brimob telah melakukan persiapan matang untuk memastikan Pemilukada berjalan dengan aman, damai, dan sejuk.

Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah sinergi dengan seluruh elemen masyarakat melalui kegiatan cooling system.

"Kami sudah memulai pengamanan dari tahap persiapan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta menempatkan personel khusus di lokasi-lokasi strategis untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan," ujar Kombes Pol Fahri, Jumat (13/9/2024)

BACA JUGA:Sekejap Mata, Motor Pembeli Ayam Geprek di Jalan Kampar Raib Digasak Maling, Aksi Pelaku Terekam CCTV

BACA JUGA:Januari hingga September 2024, Polda Bengkulu dan Jajaran Ungkap 296 Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Lanjutnya, Brimob Polda Bengkulu juga bertanggung jawab atas pengamanan tamu VIP seperti pasangan calon (paslon) serta pejabat penting yang terlibat dalam tahapan kampanye atau acara terkait pemilukada.  

Selain itu, Brimob siap menangani potensi ancaman, seperti aksi unjuk rasa, dengan pendekatan yang humanis namun tetap tegas.

"Langkah-langkah strategis sudah kita siapkan dalam pemilukada yang akan datang," imbuhnya

Tidak hanya itu, Sat Brimob juga telah menyiapkan unit khusus untuk menghadapi ancaman terorisme atau kekerasan yang mungkin terjadi selama proses pemilu. 

Langkah-langkah antisipatif ini meliputi simulasi penanganan krisis dan penyebaran personel di titik-titik rawan konflik.

"Dengan pendekatan profesional dan sistematis, Brimob Polda Bengkulu berkomitmen untuk menjaga agar setiap tahapan Pemilukada Serentak 2024 berlangsung tertib, aman, dan tanpa gangguan, sehingga demokrasi di Provinsi Bengkulu dapat berjalan sesuai dengan prinsip jujur dan adil," tutup Kombes Pol Muhamad Fahri. (tri)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: