Badan Sakit dan Pegal Usai Bangun Tidur? Ternyata ini Penyebabnya

Badan Sakit dan Pegal Usai Bangun Tidur? Ternyata ini Penyebabnya

Selama tidur, Anda akan membilas semua sisa-sia kepenatan dari hari kemarin, sehingga Anda bisa bangun pagi lebih semangat. -Pinterest -

Kondisi ini sering mendapat sebutan salah bantal. Tidak hanya leher, badan Anda juga bisa terasa sakit semua akibat posisi tidur yang tidak sesuai. Umumnya, keluhan ini terjadi ketika Anda tidur dengan posisi tengkurap.

Selain badan sakit semua, beberapa menit setelah bangun tidur Anda juga mungkin merasakan kesemutan pada tangan. Ini karena posisi tangan yang tertekuk dan menopang kepala dalam waktu lama menghambat aliran darah sehingga menimbulkan sensasi kaku dan kesemutan.

3. Olahraga berlebihan sehari sebelumnya

Olahraga memang menyehatkan. Namun, bila Anda lakukan secara berlebihan bisa jadi akan mendatangkan masalah. Salah satunya, bangun tidur dengan kondisi badan sakit semua.

BACA JUGA:Hobi Makan Jengkol? Simak 4 Gejala Keracunan Jengkol yang Perlu Diketahui

Saat olahraga, otot-otot pada tubuh Anda bekerja keras untuk menggerakkan anggota badan. Ketika Anda melakukan gerakan yang sama secara berulang dan terus-menerus, bisa jadi esok harinya badan Anda akan terasa sakit.

Apalagi jika Anda melakukan olahraga menjelang tidur, Anda akan susah tidur dan kondisi badan yang terasa sakit akan jadi lebih parah. 

Sebenarnya, badan sakit setelah olahraga bisa langsung terasa. Namun, rasa sakitnya akan lebih terasa setelah Anda bangun tidur keesokan harinya.

4. Minum alkohol dan merokok sebelum tidur

Minum alkohol mungkin bisa membuat cepat tertidur, tapi tidak menjamin jika pengaruh alkohol terhadap tidur menjadi lebih nyenyak. 

BACA JUGA:Suka Minuman Manis? Simak 7 Bahaya Kebiasaan Konsumsi Minuman Manis bagi Kesehatan

Alkohol memiliki sifat diuretik, yang bisa membuat Anda beberapa kali buang air kecil pada malam hari. Itu sebabnya, Anda perlu bolak-balik ke kamar mandi dan sulit tidur nyenyak.

Kebiasaan minum alkohol dibarengi dengan merokok bisa jadi penyebab badan Anda sakit semua saat bangun tidur. Asap rokok bisa mengganggu aliran darah kaya oksigen dan nutrisi mencapai tulang dan jaringan.

Bahan kimia rokok juga membatasi pertukaran karbodioksida dengan oksigen dalam darah. Akibatnya, kadar oksigen dalam darah rendah dan sirkulasi darah terganggu. Pada akhirnya, kondisi ini bisa membuat otot melemah dan terasa nyeri.

5. Memiliki gangguan kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: