Luka Kulit Terasa Mengganggu, Berikut 6 Jenis Tanaman Obat yang Dapat Mengatasinya Secara Alami

Luka Kulit Terasa Mengganggu, Berikut 6 Jenis Tanaman Obat yang Dapat Mengatasinya Secara Alami

Daun binahong (Anredera cordifolia) dikenal sebagai obat tradisional karena khasiatnya yang luar biasa dalam menyembuhkan luka pada kulit.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat mengalami permasalahan luka pada kulit ada berbagai obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk meringankan permasalahan tersebut. 

Meski ada berbagai macam obat-obatan yang ada di apotek, sebagian orang akan mengonsumsi oabat alami untuk mengatasi penyakit kulit karena dianggap lebih efektif dan menghemat biaya pengeluaran. 

Untuk obat alami yang dapat mengatasi masalah kulit ialah tanaman dan daun yang bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi luka pada kulit. Apa saja tanamannya? Ketahui selengkapnya di bawah ini.

Ada beberapa tanaman dan daun yang dikenal memiliki khasiat sebagai obat untuk menyembuhkan luka, baik luka pada kulit bagian luar, seperti luka terbuka dan luka lecet, maupun luka bagian dalam, misal luka lebam (memar).

Berikut beberapa tanaman atau obat yang bisa dijadikan alternatif pengobatan secara alami untuk mengatasi luka pada kulit yang dikutip dari laman hellosehat.com. 

BACA JUGA:Agar Manfaat Alpukat Didapat dengan Maksimal, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara yang Benar Makan Alpukat

1. Daun jarak

Daun jarak (Jatropha curcas) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan luka karena sifat antiseptik dan anti-inflamasinya.

Ekstrak dari daun jarak memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka terbuka, luka bakar, dan perdarahan pada luka.

Pasalnya, daun jarak mengandung senyawa yang mampu mencegah infeksi pada luka dengan membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Kandungan nutrisi dalam daun jarak juga dapat merangsang regenerasi sel kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Untuk menggunakan daun ini, hancurkan daun jarak hingga halus, lalu oleskan pada luka. Bisa juga digunakan dalam bentuk minyak jarak.

BACA JUGA:Ternyata Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

2. Lidah buaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: