Cara Ampuh Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi dan Anak

Cara Ampuh Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi dan Anak

Biang keringat bayi ditandai dengan bintik merah kecil pada kulit terutama saat cuaca panas.-Pinterest -

Salah satu cara mencegah biang keringat pada bayi adalah dengan sering mengecek suhu tubuh si kecil, terutama saat di luar rumah dengan thermometer. 

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Saat mengalami biang keringat sebaiknya saat menjemur si kecil tidak perlu terlalu lama. Meski, tidak ada salahnya membiarkan anak di bawah sinar matahari. Namun, pastikan jangan terlalu lama juga ya.

BACA JUGA:Alami Sakit Kepala Saat Berhubungan Seksual, Ini Penyebabnya

Tambahkan sela-sela waktu teduh saat berada di luar. Bayi umumnya merasakan panas jauh lebih cepat dibandingkan orang dewasa.

Kulit mereka yang cenderung sensitif juga mudah terkena sunburn. Terlalu lama di bawah terik matahari juga bisa memicu penyakit granuloma annulare.

3. Pastikan Kulit Bayi Kering

Saat si kecil mengalami biang keringat, sebaiknya selalu perhatikan kelembapan kulit si kecil. Pastikan kulit benar-benar kering sebelum mengenakan diaper atau popok. 

Perhatikan bagian lipatan kulit seperti leher, tangan, dan kaki yang seringkali terlupakan. Jangan lupa menggunakan popok terbuat dari katun yang berkualitas agar keringat bisa diserap dan menghindari ruam pada kulit.  

BACA JUGA:Warga Kota Bengkulu Diamankan di Lahat, Lakukan Penipuan Jual Tanah dan Janjikan Bangun Rumah

4. Mandikan dengan Air Dingin

Bintik merah akibat biang keringat dapat diatasi dengan memandikan si kecil menggunakan air dingin. Pastikan suhu air tetap nyaman untuk bayi.

Untuk bintik-bintik besar, mandikan bayi dengan air dingin tanpa sabun selama 10 menit dan biarkan kering di udara. Lakukan proses ini minimum 3 kali sehari.

Untuk biang keringat kecil-kecil, cukup celupkan handuk bersih dengan air dingin dan letakkan di area kulit bintik pada bayi. Taruh selama 5 hingga 10 menit dan biarkan kering di udara. 

5. Hindari Pakaian Ketat Pada Bayi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: