Inilah 7 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan, Dapat Kurangi Bau Badan dan Jerawat

Inilah 7 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan, Dapat Kurangi Bau Badan dan Jerawat

Klorofil merupakan salah satu zat yang memiliki pigmen hijau yang berasal dari tumbuhan. -Pinterest -

Salep urea-chlorophyllin mengandung jenis klorofil yang dapat larut dalam air, yakni klorofilin. Salep ini biasanya digunakan untuk mengatasi luka di kulit.

Penggunaan salep ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga luka tetap bersih, sehingga luka lebih cepat pulih.

BACA JUGA:Digunakan sebagai Pengganti Daging, Inilah 10 Manfaat Jamur Merang untuk Kesehatan

3. Mencegah kanker

Zat hijau tumbuhan ini juga dilaporkan berpotensi mencegah pertumbuhan kanker. 

Sebuah riset yang dipublikasikan dalam Food and chemical toxicology (2012) menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak klorofil dapat meningkatkan perlindungan terhadap kanker. 

Zat hijau ini juga berpotensi melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi genetik dalam tubuh. Namun, temuan ini masih sebatas uji hewan (in vivo).

Masih diperlukan studi dan uji lebih lanjut seputar manfaat zat hijau tanaman ini untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA:Identik dengan Wanita, Inilah 7 Penyebab Anemia Terjadi

4. Mencegah kekurangan darah merah

Menurut riset dari International Journal of Chemical Studies (2014), jus rumput gandum yang kaya akan klorofil, berpotensi mengobati gangguan defisiensi hemoglobin, seperti anemia dan talasemia.

Talasemia adalah kelainan yang menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin yang cukup. Rumput gandum (wheatgrass) mengandung sekitar 70% zat hijau tumbuhan, asam amino, mineral, vitamin, dan enzim. 

Konsumsi rumput gandum atau suplemennya dapat mengurangi kebutuhan jumlah transfusi darah pada orang-orang dengan talasemia. 

5. Mengatasi jerawat

Obat topikal (oles) yang mengandung klorofil juga berpotensi sebagai obat penghilang jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: