8 Manfaat Oyong untuk Mencukupi Kebutuhan Serat Harian

8 Manfaat Oyong untuk Mencukupi Kebutuhan Serat Harian

Oyong (Luffa acutangula) adalah sayuran yang tumbuh di wilayah beriklim tropis, termasuk Indonesia-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Oyong atau yang juga dikenal dengan sebutan gambar merupakan sayuran yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan

Oyong bisa menjadi pilihan sayuran yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan serat harian tubuh. Oyong (Luffa acutangula) adalah sayuran yang tumbuh di wilayah beriklim tropis, termasuk Indonesia. 

Oyong kerap diolah menjadi berbagai masakan, seperti sup, tumisan, atau pecel. Oyong kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral, sehingga sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan kesehatan tertentu.

Selain itu, oyong juga mengandung beberapa senyawa yang bersifat antioksidan, seperti flavonoid, antrakuinon, dan saponin triterpen. 

BACA JUGA:2 Khodam yang Konon Dipercaya Sebagai Pelindung Rumah dan Keluarga

Berkat beragam kandungan nutrisinya yang melimpah, rutin mengonsumsi oyong bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan di bawah ini. 

1. Memenuhi kebutuhan serat

Oyong memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh. Kandungan serat di dalamnya berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit. 

Tidak hanya itu, serat juga terbukti ampuh menjaga berat badan tetap ideal, sehingga mencegah obesitas. Alasannya, serat dapat menggumpalkan makanan di dalam lambung dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Mencegah infeksi bakteri

Ekstrak oyong memiliki aktivitas antimikroba yang berfungsi untuk mencegah infeksi bakteri E. coli dan Staphylococcus aureus. 

BACA JUGA:Terapkan Sedari Dini, Simak 5 Cara Membuat Anak Berpikir Kreatif untuk Menjawab Tantangan Masa Depan

Kedua bakteri tersebut merupakan salah satu penyebab keracunan makanan. Ekstrak buah oyong dan daun oyong juga mampu menghambat infeksi bakteri Klebsiella pneumonia yang merupakan penyebab pneumonia.

3. Menjaga kesehatan mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: