Bagus untuk Meningkatkan Fungsi Otak, Simak Manfaat Tempe Gembus untuk Kesehatan

Bagus untuk Meningkatkan Fungsi Otak, Simak Manfaat Tempe Gembus untuk Kesehatan

Tempe gembus adalah makanan olahan yang terbuat dari ampas tahu-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkan Anda mencoba tempe gembus? tempe gembus adalah makanan olahan yang terbuat dari ampas tahu

Selain dikenal dengan harganya yang murah, makanan ini juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. 

Tempe gembus merupakan makanan yang berasal dari Indonesia, khususnya Jawa Tengah dan sekitarnya. Makanan ini memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan tempe biasa dan memiliki cita rasa yang lezat. 

Tempe gembus biasanya diolah dengan berbagai cara, seperti ditumis dan digoreng. Tempe gembus dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. 

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Manfaat ini didapat dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, serat, asam amino, antioksidan, dan karbohidrat. Berikut ini adalah manfaat tempe gembus yang bisa Anda dapatkan:

1. Menurunkan berat badan

Tempe gembus termasuk dalam makanan yang kaya serat, tinggi protein, dan rendah lemak. Oleh karena itu, makanan olahan ini dapat mencukupi kebutuhan nutrisi sekaligus membantu Anda untuk mengontrol nafsu makan berlebih. 

Karena tempe gembus bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, asupan kalori yang masuk ke tubuh pun menjadi lebih sedikit sehingga bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

2. Meredakan gejala menopause

Manfaat tempe gembus selanjutnya yaitu dapat meredakan gejala menopause. Ini berkat kandungan isoflavon yang secara struktur dan fungsi mirip dengan estrogen dalam tubuh dan disebut sebagai “estrogen tumbuhan” atau “fitoestrogen.”

BACA JUGA:Enak dan Bernutrisi, Inilah 8 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Beberapa penelitian telah meneliti potensi fitoestrogen dalam membantu meredakan gejala menopause, seperti hot flashes dan penurunan kesehatan tulang

3. Melancarkan pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: