Simak 6 Penyebab Kuku Kuning yang Perlu Diketahui, Hindari Risiko Penyakit Langka

Simak 6 Penyebab Kuku Kuning yang Perlu Diketahui, Hindari Risiko Penyakit Langka

Kuku adalah bagian penting dari tubuh yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung ujung jari, tetapi juga sebagai indikator kesehatan secara keseluruhan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kuku adalah bagian penting dari tubuh yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung ujung jari, tetapi juga sebagai indikator kesehatan secara keseluruhan. 

Perubahan warna pada kuku sering kali mencerminkan kondisi kesehatan yang mendasarinya. Salah satu perubahan warna yang sering ditemui adalah kuku kuning

Kuku kuning bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi jamur, kebiasaan merokok, hingga indikasi penyakit sistemik yang lebih serius.

Memahami penyebab dan implikasi dari kuku kuning sangat penting untuk menentukan langkah-langkah yang tepat dalam menangani kondisi ini. Apa saja penyebab yang perlu kamu ketahui? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Jantung Sehat dan Uban Jarang Muncul, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Ini

Ketika terjadi perubahan warna menjadi kuning, ini bisa menandakan adanya masalah yang perlu mendapatkan perhatian medis. Selain tak enak dipandang, kuku yang menguning ternyata bisa menjadi pertanda dari masalah kesehatan tertentu. 

Berikut ini berbagai hal membuat kuku menjadi kuning, mulai dari kondisi ringan hingga gangguan yang serius. 

1. Penggunaan cat kuku

Penggunaan cat kuku yang terlalu sering dapat membuat kuku menguning apa lagi tidak rutin melakukan perawatan.

Pemakaian cat kuku, terutama berwarna merah dapat menimbulkan noda putih-kuning  pada kuku. Hal ini juga berlaku pada penggunaan penghapus cat kuku aseton. 

BACA JUGA:Mengenal 6 Jenis Racikan Jamu Peningkat Daya Tahan Tubuh

Umumnya, penyebab kuku menguning yang satu ini tidak berbahaya dan sering terjadi pada setiap orang. Anda bisa mengatasi perubahan warna pada kuku ini dengan perawatan rumahan. 

2. Infeksi jamur

Penyebab lain yang dapat membuat kuku menjadi kuning adalah infeksi jamur. kuku yang berwarna kuning ternyata bisa menjadi pertanda bahwa kuku tengah diserang oleh infeksi jamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: