Inilah 5 Penyebab Kuku Kaki Menghitam, Salah Satunya Terinfeksi Jamur

Inilah 5 Penyebab Kuku Kaki Menghitam,  Salah Satunya Terinfeksi Jamur

Salah satu faktor atau penyebab utama kuku kaki hitam yaitu karena cedera atau trauma yang umum disebut dengan hematoma subungual-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu melihat atau mengalami kuku kaki yang berwarna hitam? Jika ya, kuku jari kamu membutuhkan perawatan

Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kuku kaki yang sehat umumnya berwarna putih bening alami. 

Namun, jika warnanya bisa berubah menjadi hitam karena beberapa hal, misalnya infeksi jamur, kuku tumbuh ke dalam, hingga cedera. 

Lantas, apa yang membuat kuku jari berubah hitam? Yuk, simak berikut penyebab dan cara mengatasi kuku kaki hitam yang bisa Anda lakukan.

Penyebab kuku kaki hitam

1. Cidera pada kuku

Salah satu faktor atau penyebab utama kuku kaki hitam yaitu karena cedera atau trauma yang umum disebut dengan hematoma subungual. Kondisi ini biasanya karena kuku kaki terjepit, tertindih, atau mengalami gesekan berulang.

Ketika terjadi cedera pada area kuku, pembuluh darah di bawah kuku bisa pecah atau rusak. 

Hal ini menyebabkan darah keluar dan menumpuk di bawah kuku sehingga menciptakan area yang berwarna gelap atau hitam. Selain kebiruan, gejala lainnya meliputi nyeri dan bengkak di area yang cedera.

BACA JUGA:Kaca Film Mobil yang Bagus Berapa Persen Sih?

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur kuku juga dapat menjadi penyebab kuku hitam pada kaki. Infeksi jamur kuku, yang disebut onikomikosis, sering disebabkan oleh jenis jamur tertentu yang disebut dermatofita.

Jamur ini menginfeksi kuku dan menyebabkan perubahan warna, termasuk kuku jempol dan jari lainnya yang menjadi hitam, kecokelatan, atau bahkan kehijauan.

Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang berada di lingkungan lembap, seperti sering menggunakan sepatu atau kaki sering terendam air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: