Simak 6 Penyebab Kuku Kuning yang Perlu Diketahui, Hindari Risiko Penyakit Langka

Simak 6 Penyebab Kuku Kuning yang Perlu Diketahui, Hindari Risiko Penyakit Langka

Kuku adalah bagian penting dari tubuh yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung ujung jari, tetapi juga sebagai indikator kesehatan secara keseluruhan-Pinterest -

Infeksi jamur pada kuku ini lebih sering terjadi pada jari kaki ketimbang jari tangan. Kondisi ini dapat mengubah warna kuku menjadi lebih buruk akibat sepatu yang terlalu ketat atau cedera pada lempeng kuku.

Pasalnya, jamur yang menginfeksi kuku menyebabkan penebalan dan perubahan bentuk pada lempeng kuku. Hal ini ternyata dapat mengakibatkan kuku menguning. 

BACA JUGA:Cara Alami untuk Menyembuhkan Biduran, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

3. Merokok

Merokok juga menjadi salah satu penyebab kuku menguning. Asap rokok yang Anda hembuskan mengeluarkan sekitar 7.000 bahan kimia yang berbahaya.

Selain merusak kesehatan, bahan kimia di dalam rokok dapat mengganggu penampilan Anda, termasuk kesehatan kuku. Kuku yang berwarna kuning ternyata sering dijumpai pada perokok. 

Pasalnya, kandungan nikotin pada rokok dapat menodai jari dan kuku Anda, sehingga mengubah warnanya menjadi cokelat dan kuning. 

4. Diabetes

Diabetes menjadi penyebab kuku kuning yang paling umum terlihat. Para penyandang diabetes memang sering mengalami masalah kulit kering, terutama pada kaki yang juga disertai dengan masalah peredaran darah.

BACA JUGA:Cara Alami untuk Menyembuhkan Biduran, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Akibatnya, kuku pun menebal, berubah warna menjadi kuning, rapuh, dan mudah hancur.  Tidak hanya itu, kuku penyandang diabetes juga rentan terhadap infeksi jamur yang membuatnya semakin menebal dan menguning. 

Kuku akan bergelombang, berubah warna, rapuh dan mudah hancur. Kuku pun rentan terhadap infeksi jamur (onikomikosis), yang menyebabkan kuku semakin menebal dan menguning.

Sebenarnya ada berbagai masalah kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan kuku menguning, termasuk penyakit liver.

5. Onikolisis (kuku lepas)

Penyebab kuku menguning selanjutnya adalah kuku yang lepas atau dikenal dengan onikolisis dalam istilah medis. Onikolisis adalah kondisi ketika ujung lempeng kuku terlepas dari bantalan kuku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: