Waspada Risiko Kecelakaan, Berikut 7 Ciri Ban Mobil yang Harus Diganti

Waspada Risiko Kecelakaan, Berikut 7 Ciri Ban Mobil yang Harus Diganti

Ciri ban mobil yang harus di ganti -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah Anda melihat pengendara mobil yang membiarkan bannya botak dan aus namun masih tetap digunakan? Jika ya, tindakan tersebut sebaiknya tidak boleh diabaikan begitu saja karena sangat berbahaya. 

Ban botak memiliki daya cengkram yang rendah sehingga mobil menjadi lebih mudah tergelincir ketika digunakan untuk melewati genangan air. 

Hal tersebut biasanya terjadi karena ban yang sudah aus akan mengalami efek hydroplaning dimana ban menjadi sulit untuk menapak di permukaan jalan. Akibatnya, pengemudi bisa kesulitan saat harus mengendalikan setir ataupun rem.

Maka dari itu sebagai pemilik mobil, Anda sebaiknya rutin untuk mengganti ban mobilnya agar dapat berkendara dengan aman. Terlebih jika usia pakai ban sudah cukup tua. 

BACA JUGA:Perlu Diperhatikan, Simak 7 Tanda Rem Mobil Harus Diganti

Nah, untuk memastikan apakah ban mobil Anda sudah tidak layak digunakan, artikel ini akan menyampaikan informasi sederet ciri-ciri ban mobil harus diganti. Berikut ciri yang dapat Anda ketahui yang dikutip dari laman auksi.co.id 

1. Usia ban mobil sudah lebih dari 3 tahun

Usia menjadi penentu kelayakan ban pada mobil. Maka dari itu, ciri-ciri ban mobil harus segera diganti dapat dilihat dari usia pakai ban tersebut. 

Biasanya, ban yang sudah berusia di atas 3 tahun akan mulai mengeras sehingga rentan hancur ketika bergesekan dengan permukaan jalan.

Oleh karena itu, jika usia ban mobil Anda sudah lebih dari 3 tahun, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan ban mobil yang baru.

BACA JUGA:Sangat Mudah! Tips Jitu Cara Merawat Mobil di Rumah

Untuk mengetahui usia ban mobil, Anda bisa melihatnya dari kode yang tertera pada bagian ban. Pada kode tersebut, dua angka pertama menunjukkan minggu pembuatan ban mobil, sedangkan dua angka berikutnya menunjukkan tahun pembuatan ban. 

"Sebagai contoh, ban mobil memiliki kode 2220. Jadi, dari kode 2220 tersebut diketahui bahwa ban mobill dibuat pada minggu ke 22 pada tahun 2020".

2. Ban sudah botak atau aus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: